Kamu Mau Liburan ke Lombok? Jangan Lupa Main ke Danau Segara Anak!

Danau Segara Anak. Pulau Lombok, siapa toh yang nggak mengenal pulau ini? Pulau indah yang berada di sebelah barat pulau bali ini memiliki luas pulau mencapai 5435 km dengan ikon wisatanya Gili Trawangan dan Pantai Senggigi.

Selain kedua tempat istimewa tadi, masih ada lhoo tempat wisata yang wajib di kunjungi. Yaitu Danau Segara Anak. Penasaran?

Danau Segara Anak Lombok
Danau Segara Anak, Lombok via @unyvanilazka

Danau Segara Anak ini ada di Desa Sembalun Lawang, Lombok. Kalau buat tepatnya sih ada di Kaldera atau Kawah dari Gunung Rinjani. Nhah, mau nggak mau sih kalau kamu mau kesini yaa harus mendaki Gunung Rinjani Terlebih Dahulu.

Nggak berani atau takut buat mendaki gunung? Baca tips ini dulu: Tips Lengkap Mendaki Gunung Bagi Pemula

Udah dibaca? Kalau udah yuukk mulai mengenal rute pendakian menuju Segara Anak ini.

Basecamp Sembalun

Sembalun

Untuk menuju basecamp pendakian Gunung Rinjani yang berada di Desa Sembalun perlu waktu sekitar 4-5 jam dari pusat Kota Mataram. Buat ke sini, kita bisa pake kendaraan pribadi, nyewa, atau naik angkot. Tapi kalau naik angkot mesti ganti angkot 2 kali.

Pertama, dari Kota Mataram kita ambil jurusan ke Aikmel. Setelah sampe di Aikmel, langsung ganti angkot yang menuju ke Desa Sembalun. Oh ya.. kalau mau ke Sembalun jangan siang-siang yaa… Soalnya angkot dari Aikmel ke sembalun cuman ada sampe jam 12 siang ajaa.

Setelah sampai di Sembalun langsung saja kita registrasi terlebih dahulu ke Pos Taman Nasional Gunung Rinjani. Untuk biaya masuknya sih cuman 10 rb/orang. Untuk info lengkap tata cara registrasi pendakian Gunung Rinjani bisa langsung kamu cek di Website Taman Nasional Gunung Rinjani yaa.

Basecamp Sembalun – POS 1

pos 1 rinjani

Titik awal pendakian Gunung Rinjani sendiri adalah Bawano. Untuk masalah trek masih terbilang landai.

Sepanjang perjalanan menuju pos 1 ini kita akan melewati padang rumput serta menyeberangi beberapa sungai kering dan melewati juga rimbunnya pohon cemara.

Waktu tempuhnya sendiri sekitar 2-3 jam.

POS 1 – POS 2

pos 2 rinjani

Setelah istirahat di POS 1, yuk lanjutkan perjalanan ke POS 2 yang berada di ketinggian 1.523 mdpl.

Untuk masalah vegetasinya sendiri masih didominasi oleh padang rumput yang terbuka dan melewati beberapa aliran lahar dan sungai yang kering. Untuk treknya sendiri sudah mulai menanjak dan kadang treknya menurun cukup curam. Tetap waspada dan hati-hati yaa..

Jarak tempuh ke POS 1 dari POS 2 ini kurang lebih 1-2 jam saja..

POS 2 – POS 3

pos 3 rinjani

Udah istirahat di POS 2, yuk lanjut ke POS 3 dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam saja.

Untuk masalah treknya, ini baru di mulai sebenarnya. Kamu bakal dihadapkan dengan jalanan naik turun tanpa henti yang ditambah panasnya sinar matahari.

pos 3 rinjani 11

Dari pos ini jalur pendakian sebenarnya dimulai, bukit-bukit penyesalan sudah dihadapan, sangat direkomendasikan untuk makan siang di Pos III, atau kalaupun kondisi tubuh sudah tidak kuat bisa mendirikan tenda disini.

Karena setelah ini jalurnya bener-bener deeeeeeeeeeh…. bikin ngilu kaki!

POS 3 – Plawangan Sembalun

Plawangan Sembalun

Waktu tempuh menuju Plawangan Sembalun ini membutuhkan waktu 4-5 jam. Dan dalam perjalanan Pos III ke Plawangan Sembalun terdapat 2 Pos Extra. Sebelum Pos Ekstra I kita akan melewati aliran sungai mati, sangat serupa dengan Kalimati yang ada di Gunung Semeru.

Menuju Pos Extra II jalur mulai menanjak dan penuh tipuan, dari satu bukit turun-naik ke bukit lainnya. Namun, setelah menikmati jalur pendakian yang ekstra tenaga ini kita akan berjumpa pada pelataran cukup luas, dan Pemandangan Segara Anak yang menjadi tujuan kita!

Setelah sampai sini kita bisa pilih deh, mau Summit Attack ke Gunung Rinjani atau ke Segara Anak? Karena tujuan awal kita ke Segara Anak yaaa ambil jalan yang ke kanan. Kalau mau Summit Attack ya lurus ajaaa…

Plawangan Sembalun – Segara Anak

segara anak rinjani

Jalan untuk ke Segara Anak dari Plawangan Sembalun ini menurun dan lumayan curam. Bukit-bukit batu menemani bakal setia nemenin kamu.

Dan di dalam perjalanan, kadangkala kita harus menggunakan tangan untuk menggapai batu yang ada. Kadang jalur ini berkabut tipis, dan agak menyulitkan membaca jalur.

Namun, ini hanyalah bagian kecil dari petualangan. Karena nantinya di depan sudah menunggu bonus yang sangat indah! Yaitu Segara Anak!!

Segara Anak

segara anak rinjani 2

Danau yang terletak di ketinggian yang nggak jauh beda dari Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru ini bakal membuat kamu tercengan daaaaan bakal ngilangin semua rasa capekmu untuk menuju kemari.

Dari danau ini bakal terlihat Gunung Baru Jari (Gunung Baru Jari berarti gunung aru jadi) yang merupakan anak Gunung Rinjani dan di dekatnya terdapat sumber air panas yang dipercayai mampu mengobati berbagai penyakit kulit.

segara anak rinjani 3

Di kawasan perkemahan di dekat danau segara Anak ini terdapat sebuah pohon tua yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Dengan perantara pohon ini diyakini bahwa apa yang kita inginkan dapat terkabul.

Mitos yang berkembang di masyarakat setempat bahwa jika kamu memiliki keinginan yang belum sempat terkabul maka gantungkanlah sebuah batu pada pohon ini kemudian ucapkan keinginanmu. Jika keinginanmu tercapai, maka batu yang anda gantungkan sebelumnya harus segera dilepaskan.

Menurut masyarakat setempat, jika kamu tidak mengembalikan batu tersebut maka keinginan yang telah kamu raih akan kembali sirna. Percaya? Percaya nggak percaya sih bebas yaaa.. namanya juga mitos :p

Pemandangan di danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan luar maupun dalam negeri berdatangan dan mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan keindahan danau tersebut. Danau Segara Anak yang luasnya 1.100 ha dengan kedalaman 230 meter bakal membuat kamu betah di sini! hueheuheeuhe

Oh yaaaaaa… satu lagi..

Kalau mau ke Segara Anak, jangan lupa sewa porter! Seorang yang bakal banget berjasa bagi kamu untuk menunjukan jalan dan membawakan perlengkapan yang sangat berat tentunya kalau dibawa sendiri.

porter rinjani 1
Kebayang nggak tuh beratnya kalau bawa sendiri?
porter rinjani
Sadis bener ini porter – porter Rinjani

Sama lagi.. kalau kamu punya hobi mancing, di danau ini juga banyak ikannya lhoo.. jadi jangan lupa bawa alat pancing :p

mancing
Mancing di Danau Segara Anak

Bagaimana? Tertarik untuk ke Danau Segara Anak Lombok?

Kategori Lombok

Tinggalkan komentar