Kebun Buah, Mangunan, Dlingo, Bantul

Kebun Buah Mangunan, Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Jogja

Kebun Buah Mangunan – Yogyakarta memang memiliki sejuta destinasi tempat wisata yang sangat menarik. Apalagi wisata alamnya yang sangat menakjubkan, semuanya sungguh mampu memikat siapapun yang mengunjungi seluruh wisata alam di Jogja. Salah satunya yaitu berada di Kebun Buah Mangunan. Kebun buah tersebut berada di Jawa Tengah, tepatnya ada di Yogyakarta.

Udara sejuk yang ada di Kebun Buah Mangunan mampu megembalikan kerileksan tubuhmu di tengah suasana penat yang ada di sekolah atau di kampus. Kebun Buah Mangunan ini letaknya memang sedikit tersembunyi. Jadi perlu melakukan perjalanan yang cukup panjang untuk sampai di tempat wisata ini.

Nah, jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata di Jogja yang satu ini, simak baik-baik ya ulasan berikut.

Lokasi dan Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Menanggapi banyaknya laporan terkait dengan lokasi Kebun Buah Mangunan di google maps yang berlokasi di sekitar area Patuk atau Piyungan padahal seharusnya Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul atau sebelah barat obyek wisata jurang tembelan, kami himbau kepada teman-teman yang akan berkunjung ke Kebun Buah Mangunan yang memanfaatkan fitur google maps untuk dapat menggunakan kata kunci “Pintu Gerbang Kebun Buah Mangunan”. Setelah sampai di pertigaan (pada foto ke 3) atau pada titik “Pintu Gerbang Kebun Buah Mangunan” silahkan anda ambil jalur ke kanan (arah ke Kebun Buah Mangunan). Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terima kasih dan selamat berlibur di Kebun Buah Mangunan.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kebun Buah Mangunan Official (@kebunbuahmangunanbantul) pada


Pastinya kamu sudah tidak sabar kan untuk menuju ke Negeri di Atas Awan atau Kebun Buah Mangunan ini. Lokasinya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Jawa Tengah. Lokasi Kebun Buah Mangunan berjarak sekitar 35 KM dari pusat kota Yogyakarta. Lokasi kebun buah ini memang sedikit terpencil, tapi pemandangan alam yang disajikan sungguh sangat luar biasa.

Luas area Kebun Buah Mangunan ini yaitu sekitar 23.3415 hektar. Suasana di Kebun Buah Mangunan sangat sejuk karena memang tempat ini berada di ketinggian hingga 200 meter di atas permukaan laut. Kebayang kan bagaimana dingin dan asrinya tempat wisata ini. Sudah sejuk, adem, di tambah dengan suasana perkebunan yang banyak pepohonan menambah keasrian tempat wisata yang satu ini.

Jika kamu berangkat dari Pusat Yogyakarta, kamu bisa mengambil arah ring road selatan menuju ke perempatan Giwangan. Lalu berbelok ke selatan melintasi Jalan Imogiri Timur. Jika sudah sampai di Pasar Imogiri, kamu bisa meneruskan perjalananmu hingga bertemu pertigaan yang ada pohon beringinnya di bagian tengah dan mengambil arah ke kiri.

Lalu ambil lah jalan lurus hingga bertemu pertigaan lagi. Jika masih bingung, kamu bisa menggunakan bantuan GPS di Google Maps atau mengikuti petunjuk arah. Karena letak Kebun Buah Mangunan memang sedikit di pedalaman, petunjuk arah yang ada juga terbatas. Nah, sekarang kamu sudah tidak bingung lagi kan menggunakan rute mana jika ingin berlibur ke Kebun Buah Mangunan.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
instagram.com/acy.zarkasi

Bagi kamu yang sedang berada di Jogja tepatnya di Kabupaten Bantul, tentunya sangat di sayangkan apabila tidak mampir ke salah satu tempat wisata yang ada di Bantul dan lagi ngehits ini. Setelah mengetahui lokasi dan rute perjalanan menuju Kebun Buah Mangunan, informasi mengenai Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional dari tempat wisata tersebut juga sangat penting bukan.

Nah, harga tiket masuk menuju Kebun Buah Mangunan sendiri yaitu sebesar Rp. 5.000 saja per orangnya. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa menikmati seluruh kesejukan yang ada di Jogja. Murah sekali kan? Namun biaya tersebut hanya untuk tiket masuknya saja, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi maupun rombongan, kamu masih perlu membayar biaya tambahan sebagai biaya parkir.

Jam Operasional

Untuk jam operasional Kebun Buah Mangunan sendiri yaitu di buka mulai pagi hingga sore saja. Kamu bisa datang ke tempat wisata yang epic ini dari pukul 04.30 – 18.00 WIB. Penulis merekomendasikan untuk kamu datang di pagi hari saja, yaitu sekitar pukul 04.30 WIB. Sunrise atau matahari terbit di balut dengan kabut yang menarik perhatian ini bisa kamu nikmati bak sedang di atas awan.

Kamu bisa berkunjung ke Kebun Buah Mangunan ini setiap hari loh, karena memang wisata ini di buka untuk umum setiap hari. Bisa dibayangkan dong bagaimana serunya berwisata di Negeri Di Atas Awan yang ada di Jogja. Tunggu apa lagi, yuk buruan ke Kebun Buah Mangunan bersama keluarga kecilmu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kebun Buah Mangunan

Aktifitas yang Bisa Dilakukan di Kebun Buah Mangunan
instagram.com/ftnnrzkiiiii

Di Kebun Buah Mangunan, kamu tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan yang menarik saja. Di sini kamu pun akan disuguhkan dengan beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan sembari menikmati pemandangan alam yang sejuk dan damai.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kebun Buah Mangunan adalah sebagai berikut.

1. Camping

Bagi kamu yang hobi berpetualang sekali-kali bolehlah menyempatkan untuk berwisata sambil camping di Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata ini menyediakan area camping yang biasa di gunakan oleh sekelompok organisasi yang sedang mengadakan pendidikan latihan atau beberapa backpacker yang memang sengaja ingin menginap di area tempat wisata ini.

Di jamin tidak akan rugi deh kalau kamu camping disini. selain harganya yang juga murah, yaitu cukup membayar dengan harga Rp. 5.000 saja per orangnya, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan melihat sunrise di pagi hari dengan sejuknya suasana Jogja.

2. Outbond

Karena memang kerap di jadikan sebagai wahana edukatif bagi pelajar di sekitar Jogja, Kebun Buah Mangunan juga menyediakan wahana outbond yang sangat menarik. Wahana ini memang sengaja disuguhkan oleh pihak pengelola untuk menarik perhatian setiap pengunjung yang datang.

Beberapa wahana outbond yang bisa kamu jajaki di sini yaitu seperti reflying, flying fox, jembatan goyang dan beberapa wahana outbond lain. Untuk menikmati wahana outbond di sini, kamu harus mencari pasangan sebanyak sepuluh orang karena harga tiket yang dibanderol adalah Rp. 200.000 per sepuluh orangnya.

Nah, area outbond ini juga menyediakan penyewaan gedung yang bisa kamu jadikan kegiatan outbond indoor. Untuk biaya sewanya sendiri hanya dikenakan tarif Rp. 100.000 saja untuk 50 orang. Dengan membayar demikian, kamu sudah bisa menggunakan area gedung tersebut selama 5 jam.

3. Memancing

Pepatah bilang, pekerjaan yang sangat membutuhkan kesabaran adalah pekerjaan memancing. Nah untuk kamu yang hobi memancing ikan dan memang sedang ada di Jogja, kamu bisa berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Di tempat ini telah disediakan kolam pemancingan yang cukup luas. Kamu bisa menikmati fasilitas ini dengan membayar Rp. 2.000 saja untuk sehari penuh.

4. Berenang

Siapa sih yang tidak suka menikmati kesegaran alam yang ada di Kebun Buah Mangunan. Kini kamu tidak hanya bisa menikmati kesegaran udaranya, tapi juga bisa menikmati kesegaran air yang ada di kolam renang sekitar kawasan Kebun Buah Mangunan.

Untuk menikmati kesegaran air langsung dari sumber dengan suasana perkebunan yang asri ini kamu hanya cukup mengeluarkan biaya Rp. 2000 saja per satu jamnya. Sangat murah bukan? Makanya yuk jangan sampai lewatkan destinasi wisata di Bantul yang satu ini.

5. Berkeliling Danau dengan Perahu Bebek

Karena memang tempat wisata yang satu ini kerap di kunjungi oleh keluarga, pengelola pihak setempat juga menyediakan sebuah wahana khusus yang bisa di nikmati oleh seluruh kalangan usia. Wahana tersebut bernama Perahu Bebek.

Kamu bisa berkeliling danau menggunakan perahu bebek ini. Perahu bebek yang di sediakan juga bentuknya lucu-lucu, sehingga kamu bisa mengabadikan momen untuk diupload di akun sosial media favoritmu.

6. Bersepeda

Kebun Buah Mangunan memang dikelilingi oleh banyak pepohonan sehingga suasanya mirip sekali di hutan. Kamu bisa membayangkan kan bagaimana keseruan bermain di tempat wisata yang satu ini?

Tidak hanya menyediakan fasilitas outbond atau wahana air, di sini kamu bisa berolahraga memacu adrenalin dengan menyewa sepeda. Kamu bisa melakukan araksimu dengan menyewa sepeda Rp. 50.000 per sepeda untuk atraksi di lintasan downhill.

Seru kan pastinya? Wahana yang ada di Kebun Buah Mangunan ini memang tidak ada yang mengecewakan kok.

7. Bermain di Jembatan Gantung

Aktifitas yang bisa di lakukan di Kebun Buah Mangunan selanjutnya yaitu bermain di Jembatan Gantung. Dari namanya saja sudah menyeramkan, tapi Jembatan Gantung yang ada di Kebun Buah Mangunan ini dapat di jamin keamanannya kok. Kamu juga bisa berfoto ria dengan background suasana perkebunan di jembatan ini.

8. Memetik Buah

Namanya saja Kebun Buah Mangunan, yang berarti kebun buah di daerah Mangunan. Di area lahan yang sangat luas ini di tanam berbagai jenis tanaman buah dari berbagai daerah. Buah-buah disini juga dapat di panen secara langsung loh. Namun memang tidak semua buah bisa di panen di satu musim, karena harus menunggu musim buah dari tanaman itu sendiri.

Tapi untuk menikmati buah yang segar disini tentunya kamu harus membayar ya, tidak serta merta gratis begitu saja. Harganya juga cukup murah kok, yaitu Rp 5.000/Kg untuk buah mangga, Rp. 4.000/Kg untuk buah rambutan, Rp. 5.000/Kg untuk buah jeruk, Rp. 2.000/Kg untuk buah jambu air, Rp. 15.000/Kg untuk buah durian.

Harga-harga tersebut di atas tidak paten, jadi bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk kualitas rasanya kamu tidak perlu meragukannya lagi, karena sudah di jamin manis dan tidak akan mengecewakan lidah para pengunjung.

Fasilitas yang Ada di Kebun Buah Mangunan

Fasilitas yang Ada di Kebun Buah Mangunan
instagram.com/cuanki_man

Kebun Buah Mangunan memang sebuah tempat wisata alam yang sangat sejuk dan memiliki pemandangan yang bagus. Tempat wisata ini sering di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.

Bagi kamu yang berasal dari luar daerah, tentunya fasilitas yang ada sangatlah di utamakan bukan? Nah, berikut adalah beberapa fasilitas yang ada di Kebun Buah Mangunan.

1. Toilet Umum

Mungkin toilet umum memang menjadi fasilitas yang wajib di setiap tempat wisata. Nah di Kebun Buah Mangunan ini juga di sediakan toilet umum yang memadai dan nyaman untuk di gunakan. Hari gini toilet mana sih yang gratis? Untuk tarif toilet di Kebun Buah Mangunan sendiri yaitu Rp 2000 saja.

2. Mushola

Bagi umat muslim yang berkunjung ke Kebun Buah Mangunan kini tidak perlu buru-buru pulang untuk mengejar waktu sholat. Kamu bisa lebih santai lagi karena di tempat wisata ini kini sudah di bangun sebuah musholla kecil yang di gunakan untuk ibadah umat muslim yang berkunjung kemari.

3. Warung Makan

Untuk urusan mengisi tenaga atau makan, kamu sudah tidak perlu khawatir atau repot-repot ke tempat yang jauh jika kelaparan ketika berwisata ke Kebun Buah Mangunan. Karena di tempat wisata yang satu ini juga di sediakan fasilitas stand yang menyediakan berbagai makanan khas Jogja hingga makanan khas daerah asalmu berada loh.

Tentunya makanan disini tidak gratis ya, alias kamu harus membayar sesuai dengan porsi yang kamu makan. Jika budgetmu pas-pasan, tempat makan disini juga menyediakan menu makanan khas wisata seperti mie instan, bakso, nasi campur, nasi kucing, dan kelapa muda.

Salah satu warung makanan yang ada di Kebun Buah Mangunan ini juga menjual menu khas Gunung Kidul yaitu Tiwul. Tiwul adalah sebuah makanan jajanan yang terbuat dari ketela pohon atau singkong yang ditaburi parutan kelapa. Untuk rasa tentunya sangat enak. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa membelinya di salah satu warung disini sebelum pukul 11.00 WIB.

4. Tempat Penginapan

Bagi kamu yang berasal dari luar daerah dan jauh-jauh berwisata ke Kebun Buah Mangunan, tentunya akan sangat lelah bukan seharian dalam perjalanan ditambah lagi dengan berkeliling mengelilingi isi perkebunan ini. Untuk itu kamu bisa beristirahat melepas kepenatan setelah seharian berlibur dengan menyewa sebuah tempat penginapan yang ada di sekitar KBM ini.

Tempat penginapan yang ada di sekitar Kebun Buah Mangunan memang tidak banyak. Mungkin hanya ada satu sampai tiga penginapan saja. Harga yang di tawarkan pun juga cukup mahal dalam kelas penginapan, yaitu Rp. 300.000 per malamnya. Namun jika kamu memiliki uang berlebih dan tidak masalah mengeluarkan biaya seperti itu juga silahkan-silahkan saja.

Nah untuk kamu yang ingin lebih berhemat namun tetap bisa menginap dan melepas penat sejenak dengan nyaman dan santai, kamu bisa menyewa tempat penginapan yang ada di Bantul Kota. Di Bantul Kota, tempat penginapan yang ada sangat banyak dan kamu bisa menyesuaikan dengan budgetmu sendiri.

Nah, dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, kamu sekarang tidak perlu lagi untuk berpikir dua kali menjadikan tempat wisata ini sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Dengan harga tiket masuk yang murah, kamu juga bisa menikmati sekuruh fasilitas yang juga murah tapi gak murahan.

Tips Berwisata ke Kebun Buah Mangunan

Tips Berwisata ke Kebun Buah Mangunan
instagram.com/sigit__k

Kebun Buah Mangunan memang menyediakan fasilitas dan pemandangan alam yang tidak dapat di temukan di belahan bumi manapun. Karena semakin bertambahnya pengunjung yang datang ke tempat wisata yang satu ini, pihak pengelola terus membenahi dan menambah fasilitas demi kenyamanan para pengunjung.

Nah berikut adalah tips berwisata ke Kebun Buah Mangunan sebagai pertimbanganmu.

• Menyiapkan Kamera yang Bagus dan Full Baterai

Kebun Buah Mangunan adalah sebuah destinasi wisata alam yang memiliki pemandangan yang mempesona. Tentunya sangat di sayangkan jika kau tidak mengabadikan momen indah di Kebun Buah Mangunan bersama keluarga atau teman terdekatmu. Di tempat wisata ini disediakan banyak spot foto menarik berlatar belakang tanaman hijau.

Kamu bisa mamanfaatkan momen-momen tertentu seperti melihat matahari terbit dengan mengabadikanna di kamera pilihan favoritmu. Saking banyaknya spot foto menarik disini, pastikan terlebih dahulu agar baterai yang ada di kameramu full sehingga kamu tidak akan kehilangan momen penting tersebut.

• Memperhatikan Waktu Sampai di Kebun Buah Mangunan

Agar kunjunganmu berlibur ke Kebun Buah Mangunan tidak sia-sia dan mengecewakan, kamu harus memperhatikan waktu tiba di tempat wisata tersebut. Jika kamu tiba di siang hari tentunya kamu hanya akan bisa menikmati kesejukan sedikit di sela-sela teriknya panas matahari. Kamu tidak ingin menikmati suasana seperti itu kan?

Waktu yang pas untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan yaitu di pagi hari atau sore hari. Di pagi hari, kamu bisa menikmati suasana sejuk Kabupaten Bantul dengan pemandangan alam yang indah yaitu kabut putih yang mengelilingi area perkebunan. Sedangkan di sore hari, kamu bisa menikmati indahnya langit sore atau senja di tengah suasana yang sangat adem nan nyaman.

• Menyiapkan Tenaga Ekstra untuk Menjelajahi Wisata Kebun Buah Mangunan

Karena memang lokasinya berada di area perkebunan yang luas, untuk dapat mengunjungi seluruh area disini kamu harus berjalan kaki. Pihak pengelola setempat memang sengaja tidak memberikan fasilitas kendaraan keliling agar pengunjung dapat menikmati indahnya berjalan santai di area perkebunan buah.

Perlu diperhatikan juga ya, jika musim hujan tiba pastinya kawasan jalan di Kebun Buah Mangunan akan becek. Jadi hindari untuk menggunakan alas kaki ber-hak tinggi jika berwisata kesini. Selalu sedia jaket juga bila musim hujan, selain untuk mencegah kamu kedinginan jaket juga bisa membuat bajumu sedikit terlindungi.

• Datang Bersama Teman atau keluarga, Yang Penting Nggak Sendirian

Mungkin beberapa diantara kalian bertanya-tanya mengapa penulis menyarankan agar kamu datang tidak sendirian. Jawabannya sangat simpel, yaitu setiap pengunjung yang datang kemari kebanyakan muda-mudi atau pasangan suami istri.

Sangat tidak lucu bukan jika kamu berniat ke tempat ini untuk bersenang-senang tapi malah mendapatkan pemandangan yang kurang menarik akibat kamu datangnya sendirian. Dengan adanya fasilitas outbond atau peptik buah yang ada, tepat wisata ini memang lebih cocok jika di kunjungi bersama rombongan keluarga untuk menambah keeratan kekeluargaan.

• Membawa Peralatan Pribadi

Hal yang paling penting dari tips-tips yang ada adalah kamu harus selalu membawa kelengkapan pribadimu. Entah itu peralatan sholat hingga obat-obatan. Karena memang Kebun Buah Mangunan adalah suatu destinasi wisata alam, pihak pengelola tidak menyediakan area kesehatan khusus, hanya menyediakan tempat ibadah bagi umat muslim saja.

• Browsing Wisata yang Dekat dengan Kebun Buah Mangunan

Tentunya kamu tidak ingin sia-sia bukan melakukan perjalanan ke Kebun Buah Mangunan? Agar liburanmu semakin asyik dan mengenang, kamu juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata di kabupaten Bantul yang dekat dengan Kebun Buah Mangunan.

• Menjaga Sikap dan Perkataan

Last but not least, seperti yang di ketahui Kebun Buah Mangunan adalah destinasi wisata alam. Karena kamu akan bersahabat dengan alam agar tidak kejadian hal-hal yang tidak di inginkan, kamu harus menjaga sikap dan perkataanmu selama berkunjung kemari. Alam juga ciptaan Tuhan, alam juga bisa marah jika mereka tidak suka dengan perbuatan pengunjungnya.

Berwisata ke Jogja memang sangat menarik dan tidak akan mengecewakan. Seluruh destinasi yang disuguhkan sangat mampu memikat siapapun yang mengunjunginya. Jika kamu sudah menginjakkan kaki di tanah Jogja, penulis jamin deh kamu gak akan mau untuk meninggalkannya. Selain Kebun Buah Mangunan, Jogja juga memiliki beberapa destinasi wisata yang tidak kalah menarik.

Jika kamu memang berniat untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, mungkin beberapa tempat wisata seperti Hutan Pinus Mangunan, Wisata Seribu Batu Songgo Langit, Jurang Tembelan Kanigoro, Bukit Mojo Gumelem, dan Bukit Panguk kediwung bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata alternatif setelah berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Lokasi tersebut letaknya tidak jauh dari KBM sendiri.

Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi kan mau ngapain aja sih di Kebun Buah Mangunan. Wisata yang menjadi iconic Kabupaten Bantul ini sangat di sayangkan untuk kamu lewatkan.

Yuk berlibur melepas penat sementara di Kebun Buah Mangunan!

Tinggalkan komentar