20 Makanan Khas Jogja Paling Populer, Murah & Lezat Memanjakan Lidah

Makanan Khas Jogja – Jogja atau lebih lekat dikenal dengan Ngayogyakarta merupakan daerah istimewa di Indonesia. Awalnya daerah merupakan peleburan dari dua negara yakni Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah ini terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah.

Di Jogja juga banyak digelar aneka ragam upacara keagamaan, budaya dan kesenian daerah. Berbagai kegiatan itu didukung oleh kreativitas dan keramahan masyarakat, serta sajian makanan khas Jogja. Membuat kota ini banyak menciptakan produk budaya dan pariwisata yang keren-keren. Selain itu wisata didukung dengan berbagai macam fasilitas seperti hotel, resort dan restoran.

Memang secara geografis Jogja banyak diuntungkan jarak dan lokasi wisata yang mudah ditempuh. Di sana kamu bakal menemukan jasa-jasa perdangangan, perhotelan, restoran dan pertanian. Itu karena umumnya masyarakat Jogja sektor perekonomian nya bertumpu pada ketiga sektor tersebut. Bagi kamu yang pecinta kuliner, makanan khas Jogja akan memuaskan lidahmu.

Memang tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke suatu tempat, namun tidak meluangkan diri untuk mencicipi makanan khas Jogja, daerah yang sangat banyak dikunjungi wisataan itu. Selain memiliki panorama alam yang memukau seperti pantai,  makanan khas Jogja juga banyak loh. Selain enak, banyak makanan khas Jogja yang sudah sangat melegenda.

20 Makanan Khas Jogja Favorit Wisatawan

Monggo disimak, 20 makanan khas Jogja yang wajib kamu ketahui! Tidak hanya mencicipinya, kamu pun bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Jogja!

1. Gudeg

Gudeg Jogja
cookpad.com

Kamu pasti gak asing kan dengan makanan khas Jogja satu ini. Yup dia adalah Gudeg, makanan ini sangat melegenda loh di Jogja. Makanan yang menjadi tujuan utama para wisatawan di Jogja. Kamu harus mencoba makanan ini ya kalau berada di sana. Wajib banget pokoknya.

Nah, Gudeg memiliki tiga macam jenis, seperti gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar. Gudeg ini tersedia banyak di beberapa tempat makan di Jogja. Jadi, bila kamu ingin mencoba gak perlu repot-repot mencarinya. Cabang penjual gudeg juga banyak ditemukan di Jogja.

Selain kamu santap langsung, gudeg ini juga bisa kamu bawa untuk oleh-oleh keluargamu di rumah loh. Kamu bisa membeli gudeg kering sebagai oleh-oleh, karena gudeg kering lebih bisa bertahan lama.

2. Krecek

Krecek Khas Jogja
resepcaramasak.org

Makanan khas Jogja selanjutnya yang menjadi favorit para wisatawan adalah sambal krecek. Biasanya sambal krecek disuguhkan bersama makanan lain seperti gudeg. Sambal krecek menjadi pendamping wajib untuk gudeg karena pas dengan perpaduan kedua rasanya. Gudeg manis berpadu dengan gurih pedasnya sambal krecek.

Krecek sendiri terbuat dari krecek atau kulit sapi. Diolah dengan berbagai bumbu rempah-rempah. Di Jogja kamu bisa menemukannya di pinggir jalan dan rumah makan. Kebanyakan sambal krecek ini ada pada jam-jam sarapan dan di atas jam dua belas malam.

3. Bakpia Pathuk

Bakpia Pathok Jogja
obral.co

Bila kamu di Joga, pasti banyak sekali penjual yang menjajakan bakpia. Salah satunya adalah bakpia pathuk. Makanan ini merupakan jajanan khas Jogja yang terbuat dari campuran tepung, gula dan kacang hijau. Lalu bakpia pathuk di panggang warna kulitnya berubah kecoklatan.

Bakpia pathuk memiliki tekstur kulit yang krispi namun lembut di dalam. Kekrispian dan kelembutannya pasti bakal menggoyang lidahmu. Bakpia pathuk tersedia dalam berbagai varian seperti kacang hijau, cokelat, durian, keju dan masih banyak lainnya. Jadi, kamu gak bakal bosan untuk menikmatinya.

4. Yangko

Yangko

Jajanan satu ini juga merupakan makanan khas Jogja yang sering dicari para wisatawan. Yangko, makanan ini berbentuk kotak dengan teksut yang lembut dan kenyal. Memiliki rasa manis dengan sedikit gurih. Ciri khas dari yangko adalah taburan tepung di atasnya.

Yangko terbuat dari campuran tepung ketan, gula dan kacang kacang tanah. Makanan imut ini hampir sama dengan mochi. Sekarang yangko tersedia dalam berbagai varian rasa. Di Joga kamu bisa menemukan yangko di berbagai pusat oleh-oleh. Yangko dijual dengan harga yang bervariasi.

5. Oseng Mercon

Oseng Mercon Jogja
daftarwisatajogja.blogspot.com

Wah ngeri banget ya mendengar nama makanan satu ini. Eits, kengerian makanan ini berasal dari rasanya yang pedas loh. Banyak sekali orang menyamakan kepedasannya dengan mercon. Mungkin, dari situlah awal mula nama oseng mercon di kenal masyarakat.

Bahan dasar oseng mercon salah satu makanan khas Jogja ini adalah tetelan daging sapi atau kambing. Kemudian tetelan di masak bersama dengan bumbu, gula merah, cabai dan kecap manis. Umumnya, oseng mercon dimasak dalam waktu lama supaya bumbu yang ada terserap dengan sempurna.

6. Cilok Gajahan

Cilok Gajahan Jogja
pegipegi.com

Sekarang ini di beberapa daerah di Indonesia pasti ada jajanan cilok. Jajan ini umumnya terbuat dari tepung tapioka. Cilok sendiri memiliki tekstur yang kenyal. Biasanya di Jogja cilok gajahan diisi dengan daging cincang. Makanan ini begitu populer di Jogja dan banyak di buru oleh wisatawan.

Saking populernya, makanan khas Jogja satu ini mudah kamu temukan di berbagai tempat. Namun, cilok gajah adalah camilan cilok yang lebih populer. Kamu bisa menikmatinya dengan sambal yang sudah disediakan. Kenyal-kenyal gurihnya bikin ngiler deh!

7. Cenil Jogja

Cenil Jogja
eksotisjogja.com

Makanan satu ini termasuk ke dalam jajanan tradisional di Jogja. Sepertinya gak hanya di Jogja saja, namun cenil sudah menjadi makanan khas di pulau Jawa. Cenil umumnya, merupakan jajanan yang terbuat dari pati singkong. Disajikan dengan gula yang di cairkan dan taburan parutan kelapa. Warnanya pun beragam.

Rasa manis dan tekstur kenyal agak lengket merupakan ciri khas dari jajan ini. Cenil Jogja bisa kamu dapatkan di berbagai tempat yang menjual makanan tradisonal. Kamu bisa langsung menemukannya di pasar, karena cenil identik dengan jajanan pasar. Bila kamu ingin makanan khas Jogja, cenil cocok untuk kamu nikmati!

8. Geplak

Geplak
dutawisata.co.id

Geplak merupakan jenis kue tradisional khas Jogja. Umumnya, geplak terbuat dari adonan tepung, kelapa parut dan gula. Geplak memiliki tekstur yang agak kasar dan berbentuk bulat-bulat kecil. Dipadu dengan tampilan warna-warni membuat geplak menjadi makanan kece yang sangat menggiurkan.

Konon geplak sering digunakan sebagai makanan pengganti beras. Namun, saat ini geplak hanya dikenal sebagai oleh-oleh khas Jogja. Geplak lebih nikat disantap pas lagi panas-panasnya. Kamu penasaran dengan geplak? Kamu bisa mendapatkannya di berbagai pusat oleh-oleh khas Jogja.

9. Coklat Monggo

Coklat Monggo
medium.com

Coklat monggo merupakan jajanan ngehit yang wajib kamu coba. Selain cuma jalan-jalan menikmati keindahan alam Jogja. Cocok sekali buat camilan liburan karena coklat bisa lebih membuatmu tenang. Selain itu rasa coklat monggo yang nikmat bisa memberi kesan bahagia

Kamu mau? makanan khas Jogja coklat monggo ini beralamatkan di Jalan Dalem KG III/ 978, Purbayan dan Kotagede. Toko ini buka mulai jam 08.00 sampai 18.00 WIB. Harganya pun bervariasi, tergantung ukuran dan jenis coklatnya. Mulai dari harga Rp.17.000 sampai Rp.100.000. Kamu juga bisa membelinya melalui No. (0274) 373 192.

10. Bakmi Jogja

Bakmi Jogja
beritagar.id

Bakmi Jogja atau lebih akrab dikenal dengan Mi Jawa ini adalah mie rebus yang diolah menggunakan berbagai macam rempah khas Jawa. Namun, gak hanya mie rebus loh, bakmi Jogja juga tersedia dalam bentuk mie goring.

Bakmi Jogja ini tersedia di berbagai tempat jajanan di Jogja. Ada beberapa tempat bakmi Jogja yang tidak pernah sepi pelanggan diantaranya Bakmi Kadin, Bakmi Pak Pele di Alun-alun bagian utara, bakmi Mbah Mo, Bakmi Mbah Hadi Terban dan Bakmi Wito di Desa Piyaman.

Pokoknya kamu harus mencicipi makanan khas Jogja ini. Siapa tahu jodoh eh. Maksudnya jodoh dengan rasanya yang super duper enak. Yuk buktikan sendiri kenikmatannya!

11. Gatot Gunung Kidul

Gatot Gunung Kidul
sobatjogja.com

Makanan ini juga merupakan makanan tradisional khas Jogja. Umumnya, makanan khas Jogja ini identic dengan masyarakat daerah Gunung Kidul. Terbuat dari singkong kering atau gaplek. Biasanya masyarakat Gunung Kidul mengonsumsi nya sebagai makanan ringan.

Eits meskipun makanan ini bisa disebut sebagai makanan ndeso, tapi rasa uniknya gak kalah dengan makanan khas Jogja lainnya. Gatot juga dipercaya baik untuk mengatasi keluhan pencernaan. Makanan fermentasi dan awet kenyang ini alasan mengapa gatot menjadi makanan yang menyehatkan.

Yuk, segera dicoba gatot gunung kidulnya. Kamu orang Jawa tapi gak pernah makan gatot pasti bakal nyesel seumur hidup deh.

12. Walang atau Belalang Goreng

Belalang Goreng
belalanggoreng.com

Ternyata di Jogja juga ada loh makanan ekstrim seperti belalang goreng. Meski ekstrim makanan satu ini juga banyak diburu oleh wisatawan. Belalang goreng sendiri merupakan makanan asli masyarakat Gunung Kidul. Gimana ya rasanya? Bayangin aja udah ngeri gitu kok.

Jangan asal geli dulu, karena belalang goreng banyak mengandung gizi untuk tubuh loh. Belalang memiliki kandungan protein yang tinggi untuk pertumbuhanmu. Jadi, selain kamu bahagia karena jalan-jalan di Jogja, kamu bisa tetap sehat loh dengan mengonsumsi belalang goreng ini.

13. Nasi Tiwul

Tiwul Yu Tum
serbaserbiindo.com

Nasi yang satu ini memang sudah sangat populer di Jawa, termasuk di daerah Jogja. Nasi tiwul juga lekat dengan masyarakat Gunung Kidul loh. Terbuat dari tepung gaplek yang telah dikeringkan. Dulu, masyarakat Gunung Kidul mengonsumsi nasi tiwul sebagai makanan pokok bagi mereka.

Bahkan, ada yang menganggap bahwa nasi tiwul adalah makanannya orang miskin. Namun, sekarang tiwul merupakan makanan umum bagi setiap orang di Jawa. biasanya, makanan khas Jogja ini bisa dikonsumsi langsung dengan parutan kelapa. Ada juga yang mengonsumsi tiwul dengan masakan lainnya.

14. Sego Abang Jirak

Sego Abang Jirak Gunung Kidul
carimasakankhas.blogspot.com

Makanan berikut ini juga merupakan makanan khas Jogja khususnya masyarakat Gunung Kidul. Sego abang jirak dipercaya sebagai makanan yang memiliki banyak gizi dan menyehatkan. bahan dasarnya berupa beras merah yang banyak mengandung protein.

Sego abang jirak ini biasanya disantap dengan masakan pendamping lainnya. Kamu bisa menyantapnya dengan kulupan sayur atau belalang goreng. Karena rendah karbohidrat, sego abang jirak pas buat kamu yang sedang menjalankan program diet. Sego abang jirak juga terbuat dari beras merah berkualitas loh.

15. Sayur Lombok Ijo

Sayur Lombok Ijo khas Gunung Kidul
yolanaarista.blogspot.com

Kamu sudah tahu sayur Lombok ijo? Sayur ini berbahan dasar Lombok ijo. Sayur lombok ijo dimasak dengan kuah santan kental dengan tambahan bumbu seperti tumisan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, lengkuas dan beberapa rempah lainnya. Selain itu sebagai pelengkapnya ditambah dengan tempe secukupnya.

Cara menyantap sayur lombok yang gurih dan pedas ini dengan nasi yang masih hangat. Kamu juga bisa menikmatinya dengan kerupuk sebagai penambah cita rasa di mulut. Lebih enak lagi bila kamu menyantapnya bersama dengan keluarga, teman atau orang tercinta loh. Penasaran seberapa pedas rasanya makanan khas Jogja ini? Buktikan sendiri!

16. Bakmi Pentil

Bakmi Pentil
resepnusantara.id

Makanan khas Jogja ini terbilang cukup unik. Mie ini memiliki ukuran panjang dan agak besar. Bahkan, mie nya memiliki dua warna berbeda yakni kuning dan putih. Itulah yang membedakan mie pentil dengan mie lainnya. Kenapa dinakaman pentil? Ada yang menyebutkan itu karena mie nya memiliki tekstur kenyal.

Kamu wajib banget ngerasain keunikan rasa mie pentil. Jangan Cuma di bayangin saja ya! kamu pun bisa menikmatinya dengan olahan masakan lain seperti gudeg dan krecek. Mie pentil juga lebih nikmat bila dikonsumsi dengan masakan yang berkuah-kuah dan pedas. Wah dijamin bakal membuatmu ketagihan.

17. Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk
panduanwisata.id

Makanan khas Jogja selanjutnya adalah peyek tumpuk. Kenapa namanya peyek tumpuk? Itu karena peyek tumpuk ini berbentuk bulat sehingga kacangnya juga bertumpuk-tumpuk. Inilah yang membedakan peyek tempuk dengan peyek lainnya. Meski begitu bahan dasarnya sama dengan peyek pada umumnya.

Nah, bagi kamu pecinta jajajan peyek, cobalah untuk menikmati gurih dan kriuknya peyek tumpuk. Gurih dan kriuknya pasti bakal memanjakan lidahmu. Selain bisa dinikmati langsung, peyek tumpuk bisa kamu jadikan pendamping makanan lain loh. Kamu bisa menemukan peyek tumpuk di berbagai pusat oleh-oleh khas Jogja.

18. Mie Des

Mie Des Jogja
ardiankusuma.com

Mie des ini masih kerabat dekat dengan Mie Pentil. Mi des sendiri merupakan singkatan kata dari bakmi pedes. Makanan ini merupakan makanan khas masyarakat Pundong. Umumnya, mie des terbuat dari pati ketela. Tekstur mie des lebih kenyal dan memiliki ukuran lebih besar.

Cara penyajian mie ini cukup sederhana. Hanya dengan mengiris lalu di campur dengan berbagai macam masakan lainnya. Biasanya mie des ini dinikmati bersama kuah bakmi pada umumnya. Kombinasi pas antara kuah bakmi yang gurih dengan bakmi yang kenyal membuat makanan khas Jogja ini begitu sempurna.

Kamu penasaran kan dengan rasa mie des? Silakan dicoba sendiri kelezatan dan kenyalnya. Pasti kamu gak bakal nyesel menikmatinya!

19. Kue Adrem

Kue Adrem Jogja
ksmtour.com

Makanan ini begitu unik di daerah Jogja dan sekitarnya. Kue adrem sendiri merupakan makanan yang berasal dari daerah Sanden Bantul. Berbahan dasar tepung beras dan gula jawa merah yang diolah bersama kemudian digoreng. Kue ini memiliki rasa manis gurih dan legit.

Kue adrem juga sering disebut sebagai kue tholpit atau kont*l kejepit. Memang sedikit saru, namun soal rasa jangan diremehkan ya! sekali kamu nyoba kue ini, rasa manisnya bakal membuatmu gak bisa move.

20. Sate Klatak

Sate Klatak Jogja
njogja.co.id

Makanan khas Jogja terakhir rekomendasi dari kami yang wajib kamu coba adalah sate klatak. Sate klatak berbahan dasar daging kambing muda. Makanan ini merupakan kuliner asli Bantul yang berada di kawasan Jejeran, Plered. Nama klatak sendiri berasal dari bunyi “klatak-klatak” ketika daging dipanggang di arang.

Kamu bisa menikmati sate klatak secara langsung atau bisa kamu nikmati dengan kuah gulai. Apalagi kamu bisa menikmatinya bersama keluarga, sahabat atau pun gebetanmu. Rasa sate klatak yang lezat dipadu dengan gurihnya kuah kental gulai bikin kamu tambah semangat menjalankan liburan mu di Jogja.

Penutup

Sudah dulu ya ulasan makanan khas Jogja nya, semoga bermanfaat untuk membantu menemukan makanan yang endes-endes di Jogja. Intinya, apa pun makanannya, kamu harus tetap bahagia. Selamat menikmati liburanmu!

Kategori Jogja

Tinggalkan komentar