10 Makanan Khas Maluku yang Bikin Ngiler, Wajib Kamu Coba!

Nasi Lapola Maluku

Makanan Khas Maluku – Semua orang pasti membutuhkan makan. Pastinya gak ada orang hidup yang gak membutuhkan makan. Betul gak? Karena kebutuhannya inilah makanan memiliki peran penting bagi setiap orang. Kebutuhan akan makan membuat setiap daerah memiliki keunikan sendiri soal makanan, terutama di Maluku.

Maluku merupakan sebuah provinsi di bagian selatan Kepulauan Maluku. Pantai dan pulau menjadi primadonanya daerah ini. Hal itu karena Maluku merupakan daerah yang dikelilingi oleh perairan. Ini juga berpengaruh kepada ragam makanan khas Maluku, yakni kebanyakan makanannya terbuat dari olahan ikan.

Menurut sejarah, Maluku merupakan wilayah tertua di Indonesia. Bahkan, wilayah Maluku disebut sebagai wilayah yang sangat kaya. Bahkan, berlimpahnya emas, mutiara dan cengkeh membuatnya dikenal sebagai tanah surga. Keanekaragaman alam inilah membuat Maluku bergelimang aneka macam kuliner.

Bila kamu berkunjung ke Maluku, jangan lupa untuk mencoba kuliner yang ada di sana. Rasanya yang endes dijamin membuatmu ketagihan. Bagi pecinta kuliner ikan, kamu harus wajib mencobanya. Makanan khas Maluku yang endes-endes ini bakal membuatmu lebih bersemangat menjalani aktivitas liburanmu.

Jangan cuma dibayangin, Yuk segera intip beberapa olahan makanan khas Maluku ini yang populer dan bikin ngiler di bawah ini!

1. Gohu Ikan

Gohu Ikan
akurat.co

Makanan satu ini namanya gohu ikan atau lebih populer disebut dengan sashimi khas Maluku. Itu karena dibuat menggunakan olahan ikan yang tidak dimasak menggunakan api. Umumnya, bahan dasar gohu ikan adalah ikan tuna yang dipotong kecil-kecil.

Adapun bahannya antara lain ikan tuna segar, perasan jeruk nipis atau lemon, rajangan daun kemangi, minyak kelapa, bubuk kacang tanah goring, cabai rawit, bawang merah dan garam.

Setelah ikan tuna selesai dicuci bersih kemudian diberi perasaan jeruk nipis atau lemon dan diberi garam secukupnya. Aduk bahan hingga merata. Sembari mengaduk bahan, panaskan minyak kelapa kemudian tumis irisan cabe rawit dan bawang merah hingga harum.

Selanjutnya tuangkan tumisan cabe dan bawang merah ke atas ikan tuna, lalu aduk hingga merata. Untuk memperindah tampilannya, kamu bisa menggunakan daun kemangi sebagai garnisnya. Ikan gohu lezat siap dihidangkan! Pokoknya Jangan lewatkan makanan khas Maluku yang satu ini ya! Kamu wajib nyoba.

2. Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda
pens.ac.id

Apa sih ikan kuah pala banda? makanan ini merupakan makanan yang paling populer di kepulauan Banda. Bahkan, aromanya saja dipercaya dapat menggugah selera makan. Membuatnya menjadi hidangan utama dalam setiap acara perjamuan penitng di Banda. Karena itu, makanan ini begitu istimewa dan merupakan salah satu makanan khas Maluku yang harus dicicipi

Menengok sejarahnya, ikan kuah pala banda dulu adalah makanan petinggi-petinggi koloni di Belanda. Soal rasa, sudah gak perlu diragukan lagi, karena sudah terbukti sejak dahulu hingga sekarang. Kelezatan ikan kuah pala banda bakal membuatmu ketagihan. Ikan kuah pala banda bakal menggoyang lidahmu.

Ini karena adanya kombinasi sempurna dari rasa ikan dan kuahnya. Kuahnya terbuat dari berbagai macam rempah yang diolah dengan baik, sehingga menghasilkan rasa segar ketika mencicipinya. Sesuai dengan namanya, ikan kuah pala banda diolah menggunakan pala, ini membuatnya menjadi semakin khas.

Yuk jangan Cuma di bayangin terus. Nanti kamu ngiler loh! Labih baik kamu segera nyoba ikan kuah pala bandanya. Gak bakal rugi deh! Malah kamu bakalan ngerasain nikmatnya kekayaan bumbu Maluku di dalam masakan ini. Penasaran rasanya? Makanya segera coba dan buktikan sendiri!

3. Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar Khas Maluku
merahputih.com

Makanan khas Maluku selanjutnya yang wajib kamu coba saat ke Maluku adalah ikan komu asar. Ikan ini diolah menggunakan media pengasapan. Sesuai namanya, bahan dasar makanan ini berupa ikan jenis komu atau cakalang, namun bisa juga terbuat dari ikan tongkol dan tuna. Penasaran cara mengolahnya? Yuk intip.

Cara mengolahnya, pertama dengan mencuci bersih ikan komu lalu celupkan ke dalam bumbu. Kemudian, ikan yang telah diberi bumbu ditusuk dengan bambu. Bambu disini berfungsi sebagai penopang saat melalui proses pengasapan. Setelah itu ikan siap diasapi selama kurang lebih satu jam.

Di Maluku ikan komu asar ini sudah sangat populer. Apabila berkunjung ke Maluku, kamu bakal mudah menemukannya. Itu karena makanan ini telah menjadi makanan khas bagi masyarakat di sana. Kalau kamu ingin lebih mengenal Maluku, kamu wajib nyoba olahan ini. Kamu bakal ngerasain sensasinya.

Kamu bisa menikmati ikan komu asar dengan nasi hangat dan colo-colo. Namun, selain dinikmati langsung, ikan komu asar bisa dijadikan bahan dasar dalam hidangan lain seperti ikan komu asar kecap manis pedas, ikan komu asar kuah santan dan lain sebagainya. Kamu mau? Yuk segera dicoba.

4. Papeda Khas Maluku

Papeda Khas Maluku
makanan-indonesia.weebly.com

Makanan khas Maluku yang satu ini juga gak kalah lezat dengan ikan komu asar loh. Terbuat dari bahan dasar sagu. Masyarakat timur biasanya memang menggunakan sagu sebagai bahan pokok makanan mereka. Itu karena, sagu dipercaya lebih baik untuk kesehatan dibanding dengan nasi.

Papeda atau bubur sagu ini memiliki tekstur lengket dengan warna putih pucat dan sedikit pekat. Cara mengolahnya dengan melarutkan tepung sagu dengan air mendidih. Selama proses penuangan air, sagu harus terus diaduk hingga mengental. Proses pengadukan ini dilakukan agar papeda memiliki tekstur lembut.

Selanjutnya papeda siap disajikan! Sebagai pendampingnya, biasanya papeda dihidangkan bersama ikan kuah pala panda atau ikan kuah kuning. Cara menikmatinya pun begitu unik. Teksturnya yang lengket membuatnya harus dipilin dulu menggunakan alat seperti sumpit.

Bila kamu ke Maluku, wajib banget untuk nyoba papeda. Rasanya yang lezat bakal manjain lidahmu. Liburanmu di Maluku pasti bakal lebih seru setelah menikmati papeda. Buruan coba papedanya! Jangan sampai gak nyoba ya. Kamu bakal menemukan rasa sayange ya dari papeda ini.

5. Nasi Jaha

Nasi Jaha
dictio.id

Kamu sudah kenal nasi jaha? Nasi jaha juga merupakan salah satu makanan khas Maluku. Bahan dasarnya berupa nasi ketan yang diolah menggunakan santan. Kemudian dibungkus menggunakan daun pisang muda dan dimasukkan ke dalam bambu untuk proses pembakaran.

Makanan ini memiliki ukuran diameter 30-50 cm, karena itu nasi jaha merupakan makanan yang mengenyangkan. Namun, itu tergantung bamboo yang digunakan untuk membakarnya. Bahkan, nasi jaha bisa memiliki panjang sampai 1 meter. Bagi kamu yang suka panjang-panjang dan besar, wajib coba deh.

Meski dalam porsi banyak, rasanya yang luar biasa dijamin gak bakal membuat enek loh gaes. Campuran ketan dan santannya menghasilkan cita rasa gurih dan legit dimulut. Apalagi aroma wangi dari proses pembakaran, bakal membuatmu ketagihan. Cara paling nikmat untuk menyantapnya ketika nasi masih hangat.

Saat kamu berwisata ke Maluku, cobalah nasi jaha. Di sana nasi jaha juga gak kalah lezat loh dari papeda. Nasi jaha lebih nikmat bila disantap selagi anget-angetnya. Dimakan langsung atau bisa juga di makan dengan olahan masakan lainnya. Jangan Cuma dibayangin, kamu harus, harus dan harus nyoba! Buktikan sendiri kelezatan nya.

6. Sagu Woku Komo-Komo

Sagu Woku Komo Komo
gulalives.co

Dari namanya saja kita sudah dibuat penasaran dengan makanan khas Maluku yang ini. Sagu woku komo-komo terbuat dari tepung sagu. Biasanya, masyarakat Maluku mengolahnya dengan menggunakan bawang putih, jahe, serai dan jeroan ikan. Sehingga, makanan ini memiliki cita rasa yang khas.

Menariknya, untuk menghasilkan aroma khas sagu woku komo-komo dibungkus menggunakan daun woku, Lalu di bakar hingga kering. Masyarakat Maluku umumya menggunakan daun ini untuk berbagai olahan makanan. Khas lain dari sagu woku komo-komo karena didalamnya berisi jeroan ikan berbentuk dadu.

Biasanya sagu woku komo-komo dihidangkan sebagai pendamping untuk makanan utama. Lebih nikmat lagi bila disantap bersama keluarga di rumah. Sagu woku komo-komo dikenal sebagai primadonanya Maluku dan di beberapa wilayah timur. Bila kamu berkunjung ke Maluku, makanan ini begitu mudah dijumpai.

Kamu wajib nyoba! Rasanya yang lezat pasti membuatmu ketagihan. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan legit. Biasanya cara yang paling endes menikmatinya bersama dengan nasi papedah. Rasakan kelezatannya, sagu woku komo-komo siap menggoyang lidahmu!

7. Sambal Colo-colo

Sambal Colo Colo Khas Maluku
pens.ac.id

Kamu mau yang pedas-pedas? Ternyata di Maluku ada makanan pendamping yang super enak dan pedas loh. Nah ini dia; Sambal colo-colo! Sama sih seperti sambal pada umumnya. Bedanya sambal colo-colo adalah pendamping yang harus ada di setiap masakan Maluku.

Sambal colo-colo terbuat dari irisan cabe rawit, bawang merah, tomat, perasan jeruk nipis dan garam. Proses pembuatannya sangat sederhana, dengan mencampur semua bahan yang telah dipotong lalu diberi perasan jeruk nipis, ditambah air hangat, garam dan kecap manis secukupnya.

Sambal colo-colo bisa dinikmati dengan nasi, papeda, ikan kasar, ikan goreng, ikan bakar bahkan ubi. Biasanya, cola-cola disajikan dengan daun kemangi, hal ini supaya sambal cola-cola lebih nikmat saat disantap. Rasa colo-colo yang sudah nikmat dipadu dengan harumnya kemangi, pasti bakal membuatmu ketagihan.

Buruan coba sambal colo-colo. Jangan sampai kelewatan makanan khas Maluku ini ya! buat kamu para pecinta sambal, wajib banget nyoba sambal ini. lebih endes lagi menikmati sambal colo-colo bersama keluarga, teman bahkan orang terkasih. Dijamin liburan kamu akan semakin menyenangkan. Yuk tunggu apalagi, buruan dicoba!

8. Bubur Sagu Ubi

Bubur Sagu Ubi Khas Maluku
resepnusantara.id

Makanan khas Maluku selanjutnya adalah bubur sagu ubi. Makanan ini hampir mirip dengan makanan khas Jawa yakni kolak ubi. Hanya saja, bahan dasarnya berupa ubi dan tepung sagu. Kamu juga bisa mencobanya sendiri loh di rumah. Jadi, gak perlu jauh-jauh ke Maluku untuk menikmatinya.

Pembuatan bubur sagu ubi ini sebenarnya mudah. Namun, kerumitan nya dalam pembuatan sagunya. Yuk intip gimana prosesnya. Pertama rendam tepung sagu hingga sarinya mengental. Setelah cukup waktu, campur sari tersebut dengan bahan lain yang sudah direbus seperti ubi, daun pandan, gula merah (aren) dan gula.

Rasa manis gula merah dan gurihnya sagu bercampur dengan wangi pandan membuat makanan ini begitu sedap. Ditambah dengan siraman santan kental dan taburan kenari membuatnya semakin nikmat. Semakin nikmat bila disantap pas lagi hangat-hangatnya. Dijamin kamu bakal ketagihan!

Buruan segera coba bubur sagu ubinya. Wajib deh nyoba makanan khas Maluku ini. Setelah mencobanya, dijamin kamu bakal terus nambah. Kamu ke Maluku tapi gak nyoba bubur sagu ubi, kayak nya liburan mu gak bakal sempurna deh! Segera manjakan lidahmu dengan kelezatan bubur sagu ubi Yuk!

9. Nasi Lapola

Nasi Lapola Maluku
cookpad.com

Apa sih nasi lapola? Nasi lapola merupakan makanan khas Maluku yang terbuat dari bahan dasar beras dan kacang tolo. Kacang tolo sendiri merupakan kacang yang mirip dengan kedelai merah. Nasi Lapola ini juga merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Maluku.

Proses pembuatannya dengan mencuci bersih beras kemudian di masak dengan api kecil hingga setengah matang. Ditambah dengan kacang tolo yang sudah direbus, kelapa parut dan garam secukupnya. Setelah itu, aduk semua bahan hingga merata. Tunggu sampai kurang lebih 15 sampai 30 menit.

Selanjutnya nasi lapola siap dihidangkan. Nasi lapola sendiri memiliki cita rasa gurih karena adanya campuran dari kelapa parut dan kacang tolo. Memiliki tekstur pulen yang siap menggoyang lidahmu. Nasi lapola lebih nikmat disantap dengan makanan lain loh.

Makanan khas Maluku satu ini juga wajib kamu coba. Kamu bisa mecoba nya bersama keluarga, sahabat dan orang-orang tercinta. Rasanya yang sempurna bakal membuatmu keinget terus momen-momen saat menyantap nya. Kamu juga bakalan rindu untuk datang ke Maluku. Buktikan saja!

10. Kohu-Kohu

Kohu Kohu Khas Maluku
okezone.com

Makanan khas Maluku terakhir yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana adalah kohu-kohu. Makanan ini adalah sejenis urap khas Maluku. Yang menjadi ciri khas kohu-kohu adalah cara pengolahannya dengan menggunakan suwiran ikan cakalang. Setelah sayuran matang, dicampur dengan ikan cakalang untuk memperkaya cita rasa.

Biasanya masyarakat Maluku menyantap kohu-kohu dengan ubi jalar, singkong, talas bahkan pisang yang sudah direbus. Inilah yang menjadi keunikan dari kohu-kohu dengan urap lainnya. Buruan coba kelezatan kohu-kohu, kamu bakalan ketagihan! Lebih nikmat lagi bila dinikmati dengan orang terkasih, pasti nagih terus.

Sayur-sayuran yang menjadi bahan dasar pembuatan kohu-kohu seperti kacang panjang, tauge, mentimun dan daun kemangi. Setelah semua bahan direbus matang lalu diaduk dengan irisan bawang merah, bawang putih, cabai dan perasan jeruk nipis. Tak lupa diberi suwiran ikan cakalang dan parutan kelapa.

Kohu-kohu siap disantap! Kamu juga bisa mencobanya dengan makanan lain. Namun, dengan pisang atau ubi rebus membuat kohu-kohu semakin lezat untuk disantap. Apalagi kamu menyantapnya dengan orang terkasih. Pokoknya kamu gak bakal kecewa menikamati kohu-kohu khas Maluku ini.

Penutup

Endes-endes kan makanan khas Maluku di atas! Saat ke Maluku penulis sarankan jangan hanya menikmati keindahan alamnya, namun cobalah juga menikmati kekayaan kuliner yang ada di sana. Semoga beberapa ulasan penulis dapat membuatmu lebih semangat dalam menjalankan liburan.

Ulasan di atas hanya beberapa gambaran makanan khas Maluku yang penulis cantumkan. Sebenarnya di Maluku lebih banyak makanan yang perlu kamu ketahui. Karena ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Intinya penulis ingin mengenalkanmu dengan beberapa contoh makanan khas Maluku.

Rasa sayange ya berawal dari lidah loh. Nah, kamu harus buktikan sendiri surganya kuliner ini. Kamu bakal ngerasain cita rasa yang sempurna di dalam setiap olahan khas Maluku. Maluku memang sempurna dijadikan tempat untuk berlibur. Selain kekayaan alamnya, kulinernya pun tak kalah beragam loh.

Bersama keluarga, teman atau pasangan cobalah untuk sejenak berselancar ke dalam kekayaan rasa makanan khas Maluku ya! Makanannya dijamin bisa membuatmu selalu kangen dengan Maluku. Selain menikmati momen di sana, kamu dan orang-orang terdekatmu bisa memanjakan lidah. Semakin kamu jiwamu bahagia, badanmu juga akan bahagia, kan?

Apa komentar kamu?