30 Makanan Khas Surabaya Memanjakan Lidah yang Harus Kamu Coba

Makanan Khas Surabaya – Salah satu kota besar di Indonesia ini merupakan kota dengan industri besar. Namanya adalah Surabaya. Sebagai kota industri, Surabaya menjadi tempat wisata bagi para pebisnis untuk menghilangkan penatnya pikiran dan penenang jiwa. Selain tempat wisatanya yang memukau, aneka ragam kulinernya pun juga banyak diburu oleh para wisatawan.

Itu karena makanan khas Surabaya beraneka ragam dan lezat. Membuat para wisatawan tidak pernah melewatkan untuk tidak memburunya. Inilah salah satu khas Surabaya, mengapa kota ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Dalam berbagai hal, tempat ini menjadi suatu pilihan destinasi untuk para wisatawan. Kamu bisa nih menjadikannya sebagai tempat destinasi. Gak hanya jiwamu yang bahagia tapi perutmu pun bakal bahagia dengan mencicipi makanan khas Surabaya.

Makanan Khas Surabaya dan Makanan Unik di Surabaya

Makanan dan keanekaragaman cita rasa makanan yang menjadi kegemaran para wisatawan ada di sini, di kota dengan icon terkenalnya buaya dan hiu. Nah, kamu penasaran dengan keanekaragaman makanannya? Mari penulis ajak berkenalan dengan 30 makanan khas Surabaya yang bisa kamu coba saat berkunjung di sana.

1. Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk
baca.co.id

Dilihat dari namanya saja, makanan khas Surabaya yang satu ini terlihat begitu tidak wajar. Itu karena nasi goreng ini menggunakan istilah umpatan. Entah mengapa nama jancuk itu dicetuskan sebagai nama masakan ini, tapi konon katanya ketika seseorang memakanan makanan dengan rasa yang pedas seakan-akan dia ingin mengumpat.

Jangan terlalu pusing mikirin namanya, rasakan saja kelezatan nasi jancuk ini. Rasa pedas gurihnya menjadikan siapa saja yang menyantapnya akan berkata, “jancuk enak tenan iki rek” (Jancuk enak sekali ini rek).

2. Sego Sambel Khas Surabaya

Sego Sambel
goodindonesianfood.com

Kamu tahu apa sego sambel itu? Dalam bahasa Indonesia makanan ini diartikan dengan nama nasi sambel. Sego sambel khas Surabaya ini ada pada jam malam saja loh. Bagi kamu yang hobi makan di waktu malam, coba deh sego sambelnya. Sego sambel ini ada di sekitar Jalan Wonokromo Wetan No. 12, buka jam 10.00.

Menariknya sego sambel Surabaya ini hanya dihidangkan dengan menaruh sambal di atas nasi. Ditambah dengan beberapa lauk, tentunya pas banget disantap saat malam. Apalagi malam yang begitu dingin ditemani dengan satu porsi kuliner ini, lalu santap bersama pasanganmu. Dijamin semakin endes.

3. Nasi Cumi Nikmat Surabaya

Nasi Cumi
travelingyuk.com

Makanan khas Surabaya satu ini merupakan makanan yang banyak diburu oleh wisatawan di Surabaya loh. Baik wisatawan luar atau pun tidak. Makanan ini selain enak harganya pun bersahabat. Makanan ini disebut dengan nasi campur khas Surabaya. Makanan ini berada di depan Hotel Kemadjoen loh.

Umumnya makanan khas Surabaya ini disajikan dalam keadaan hangat. Disajikan dengan tambahan serundeng kelapa. Sebagai pelengkap biasanya ditambah dengan mie kuning, sambal pencit dan tidak ketinggalan cumi sebagai pelengkap wajib. Kamu mau coba? Datang saja ke sana untuk menikmatinya.

4. Nasi Campur Tambak Bayan

Nasi Campur Tambak Bayan
pergikuliner.com

Makanan khas Surabaya selanjutnya, makanan yang cocok kamu jadikan untuk sarapan. Kamu yang suka sarapan pagi penulis saranin untuk nyoba makanan satu ini. rasanya enak banget loh. Umumnya, nasi campur tambak bayan disajikan dalam satu porsi lengkap dengan lauk, mie putih, daging empal, telur, bawang goreng dan sambal.

Kamu mau? kamu bisa mendapatkannya di tempat penjual nasi campur tambak bayun beralamatkan di pasar wetan nomer 07. Buka mulai jam 05.00 sampai jam 15.00 WIB.

5. Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal Pengampon
id.openrice.com

Kamu udah tahu nasi empal pengampon? Bila belum mari penulis ajak untuk menyimak penjelasan makanan khas Surabaya ini. Nasi empal pengampon itu merupakan sajian nasi putih dengan campuran berbagai lauk pauk seperti tempe kering, tumis kacang, lalapan timun, sambal, kemangi dan empal suwir sebagai campuran wajib.

Kamu bisa menikmati satu porsi nasi empal pengampon di tempatnya. Berada di Jalan Pengampon II No. 03, Surabaya. Biasanya nasi empal pengampon ini buka pada jam 09.00 pagi hingga 09.00 malam.

6. Nasi Krawu Surabaya

Nasi Krawu Surabaya
marimangan.com

Makanan berupa nasi khas Surabaya lain adalah nasi krawu khas Surabaya. Nasinya yang pulen disajikan dengan campuran berbagai lauk pauk seperti serondeng, jeroan sapi, semur daging dan tidak ketinggalan diberi sambal terasi. Bila kamu berkunjung ke Surabaya, tidak lengkap bila tidak mencoba nasi ini.

Eits nasi kawu ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi loh. Sehingga nasi krawu cocok untuk kamu santap sebagai makanan untuk sarapan.

Bila kamu berkunjung ke Surabaya, kamu pasti akan menyaksikan berbagai macam keunikan kota ini. Ternyata, tidak hanya destinasi wisatanya saja yang unik loh tapi terdapat berbagai macam makanan khas Surabaya yang unik. Kamu yang sedang di kota dengan lambang terkenalnya hiu dan sura, wajib banget nyoba beberapa makanan uniknya.

7. Rujak Cingur Khas Surabaya

Rujak Cingur
indonesiakaya.com

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan nama makanan khas Surabaya ini. Benar banget, makanan ini menjadi makanan unik yang sangat digemari para wisatawan. Itu karena harganya yang murah dan rasanya yang nikmat. Kurang pas bila kamu ke Surabaya tapi tidak mencobanya loh.

Meski sudah banyak yang tahu, tetap perlu penjelasan menganai makanan khas Surabaya satu ini. Rujak cingur itu merupakan rujak dengan campuran cingur atau hidung sapi. Diolah dengan berbagai macam sayuran seperti lontong, touge, tahu. Kamu penasaran dengan rasanya? Yuk buktikan sendiri kenikmatan rasanya.

8. Tahu Tek Surabaya

Tahu Tek Surabaya
baca.co.id

Tek, tek, tek. Eh apa iya itu tahu tes khas Surabaya? Makanan khas Surabaya ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Surabaya. Tahu tek juga termasuk makanan legendari yang masih bertahan hingga hari ini loh. Rasanya yang nikmat dengan harga yang merakyat Rp. 8.000 per porsi membuat siapa saja bisa menikmatinya.

Umumnya, tahu tek dihidangkan dengan lontong, kecambah, tahu lalu disiram dengan bumbu petis, bawang goreng seledri dan terakhir diberi taburan kerupuk sebagai penambah cita rasa. Sekali nyoba kamu bakal menikmati kelezatan dari tahu tek ini loh.

9. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi
kamerabudaya.com

Kamu yang suka berburu kuliner di Surabaya pasti sudah tahu pecel semanggi. Sama sih dengan beberapa pecel di tempat lain. Pecel semanggi khas Surabaya ini menggunakan daun semanggi untuk campurannya sama seperti pecel lain yang menggunakan bahan lain seperti kangkung. Itulah mengapa disebut pecel semanggi.

Kamu pasti bakal kecewa bila di Surabaya namun tidak sempat mencoba kenikmatan dari pecel semanggi di Surabaya. Bila kamu memang penasaran dengan rasa pecel ini, segera saja untuk mencobanya. Meski hari ini pecel semanggi sudah jarang diproduksi, tapi bila kamu mencarinya pasti bakal menemukannya.

Kuliner Sate Surabaya dan Aneka Olahan Lontong Khas Surabaya

Di Indonesia pasti sudah kenal dengan sate. Begitu pun di Kota Surabaya, sate menjadi makanan favorit masyarakat di sana. Eits, berarti Surabaya tidak mau kalah dengan Madura soal sate-menyatenya. Selain Madura memiliki sate yang tersohor di sana, rupanya Surabaya juga memiliki beberapa sate yang tersohor pula loh.

10. Sate Klopo

Sate Klopo
eresep.com

Ketika kamu melihat istilah sate klopo, dibenakmu pasti muncul sate yang terbuat dari kelapa kan? Eits tunggu dulu, meski sate ini bernama sate klopo namun sate ini berbahan dasar daging sapi atau ayam yang dicampur dengan jeroan dan lemak. Jadi sate khas Surabaya ini bukan berbahan dasar kelapa ya.

Cara mengolahnya hampir sama seperti mengolah sate pada umumnya. Sebelum melalui proses pembakaran, sate ini dilumuri dengan parutan kelapa supaya menghasilkan cita rasa yang gurih. Kamu bisa menemukan sate khas Surabaya ini di Jalan Walikota Mustajab No. 36, sebelah barat Balai Kota Surabaya.

11. Sate Lisidu

Sate Lisidu
lisidu.id

Olahan sate selanjutnya adalah sate Lisidu. Sate ini sama dengan sate pada umumnya. Tunggu dulu meski begitu sate ini memiliki khas sendiri. Bedanya, sate lisidu bersih atau bebas dari campuran arang sisa pembakaran. Itu karena proses pembakarannya menggunakan pengipasan atas dan bawah.

Kamu penasaran dengan sate lisidu? Makanan khas Surabaya ini mudah sekali di dapatkan di berbagai tempat di sekitar Jalan Kutai No. 23, Wonokromo, Surabaya. Ayo tunggu apa lagi, cobalah sate lisidu Surabayanya.

12. Sate Karak

Sate Karak
jatimnow.com

Sate yang satu ini memang keberadaanya sudah jarang ditemukan di Surabaya. Namun, tetap saja masih ada beberapa penjual yang menjajakan sate karak ini. Keberadaannya yang jarang ini membuat jarangnya penjual di kawasan Sunan Ampel Surabaya. Berada di sekitar Jalan Lancong No. 60.

Sate karak diolah menggunakan bahan dasar usus. Dihidangkan dengan nasi ketan hitam dipadu dengan parutan kelapa. Kamu wajib nyoba deh kelezatan dari sate karak ini. Dijamin kamu bakalan merasakan kelezatannya.

Makanan khas Surabaya selanjutnya yang banyak diburu oleh wisatawan adalah lontong. Lontong memang bukan lagi makanan asing di Kota Surabaya dan sekitarnya. Lontong cocok banget bila digunakan sebagai bahan makanan untuk sarapan. Di Surabaya mudah sekali untuk menemukan lontong. Beberapa lontong ini wajib kamu coba.

13. Lontong Kupang

Lontong Kupang
wego.co.id

Olahan lontong satu ini menggunakan campuran kupang putih atau sejenis kerang yang dimasak dengan direbus dan ditambah dengan lontong, petis dan perasan jeruk nipis. Nah, bila kamu ke Surabaya tapi tidak menyempatkan diri untuk mencobanya jangan harap kamu dianggap telah berkunjung di sana ya.

Umumnya, lontong kupang disajikan bersama sate kerang dan es kelapa muda. Bahan-bahan tersbut membuat lontong kupang memiliki cita rasa sendiri. Bila kamu ingin mencoba makanan khas Surabaya ini, kamu bisa mendapatkannya di warung lontong Bu Siti di Jl Darmo Indah nomor 07, Surabaya.

14. Lontong Balap Paling Enak

Lontong Balap Paling Enak
idntimes.com

Melihat dari namanya saja pasti membuatmu penasaran, apa iya paling enak? itu benar, olahan lontong satu ini di Surabaya memang banyak diburu oleh wisatawan loh. Selain enak makanan khas Surabaya ini sudah sangat legendari..

Jika berminat, ada tempat terbaik untuk menikmatinya. Lontong balap garuda milik Pak Gendut misalnya. Sudah ada sejak tahun 1956, pasti soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi dong. Nah, apakah iya enak? segera saja cicipi makanan khas Surabaya ini.

Masakan Mie Khas Surabaya, Kuliner Bebek, Kuliner Rwon Khas Surabayanya

Mie memang menjadi makanan favorit semua orang. Biasanya yang suka berburu mie ya anak kosan dengan kantong kecil. Pasti kamu yang ngerasa sebagai anak kosan susah banget ngehindar dari makanan satu ini kan. Di Surabaya mie diolah menjadi berbagai macam aneka makanan loh seperti ulasan berikut ini:

15. Mie Akhirat Kota SBY

Mie Akhirat Kota SBY
pegimakan.id

Waduh mie apalagi ini? Mie akhirat? Ditambah bawa-bawa nama Pak SBY juga. Pastinya siapapun yang mendengar nama mie ini, dibuat penasaran. Konon kenapa mie ini memiliki nama akhirot karena memiliki warna putih dan hitam layaknya syurga dan neraka.

Harapannya sih setelah memakan mie ini, kita selalu ingat dengan kehidupan akhirat. Kehidupan yang kekal setelah kematian, jadi sebagai manusia sudah sewajarnya untuk menyiapkan bekal masuk ke dalam kehidupan akhirat.

Uniknya, mie ini selalu dipromosikan secara gratis untuk siapa saja yang menjalankan ibadah puasa senin dan kamis. Wah, memang luar biasa, kelezatannya dibagikan secara gratis untuk sesama. Eits gak hanya itu, mie khas Surabaya ini ternyata ada diskon untuk para jomblo yang nunggu dihalalkan loh.

16. Mie Pecun

Mie Pecun
yelpindonesia.com

Mie Pecun, dilihat dari namanya memang agak nyleneh dan aneh sih. Bila melihat dari katanya, mie pecun adalah olahan mie pedas dan beracun. Di Surabaya mie ini banyak diburu oleh berbagai wisatawan loh. Hadir dengan berbagai tingkatan level kepedasan, jadi kamu bisa milih sendiri.

Beberapa nama mie pecun juga dibuat sangat kreatif, ada mie pecun maniac untuk mie goreng, mie pecun bugil dan juga mie pecun bahenol. Unik kan, keunikannya sebanding dengan kelezatannya juga loh. Kamu penasaran? Mie pecun ini ada di daerah Anjasmoro tepatnya di depan hotel Widodaren atau di Jl. Siwalankerto.

Makanan khas Surabaya lainnya adalah aneka macam olahan bebek. Di daerah mana pun olahan ini pasti banyak dijumpai. Pasti kamu sudah gak asing kan dengan olahan satu ini. Kemudian ole-oleh ini menjadi makanan dfavorit yang lezat.

17. Bebek Mercon

Bebek Mercon
ulinulin.com

Apa sih bebek mercon Surabaya itu? Dari namanya saja udah bikin orang yang mau menyantapnya berpikir ulang. Lalu banyak pertanyaan yang timbul apakah di dalam makanan ini terdapat mercon? Nah kamu penasaran kan. Yuk tengok penjelasan singkat mengenai kuliner bebek khas Surabaya.

Nama makanan khas Surabaya ini memang memiliki cita rasa pedas. Seakan-akan ketika kamu menyantapnya akan terjadi ledakan di mulut. Itulah mengapa olahan bebek ini memiliki nama bebek mercon. Banyak sekali wisatawan yang memburu makanan ini loh gaes.

Kuliner bebek khas Surabaya ini dihidangkan dalam satu porsi nasi hangat, ditambah dengan tahu goreng, lalapan dan sambal rempah-rempah sebagai penambah cita rasa makanan ini. Bebek mercon pas banget dinikmati bersama keluarga dan teman-teman terdekatmu.

18. Bebek Palupi

Bebek Palupi
traveloka.com

Bebek memang favorit setiap orang, karena ungags ini selain memiliki rasa khasnya juga mudah diolah menjadi berbagai jenis olahan. Di Surabaya bebek salah satunya diolah menjadi bebes yang meiliki rasa gurih dan lezat. Kamu bisa menemukan makanan khas Surabaya ini di sepanjang Jalan Raya Rungkut Asri Tengah Nomor 10, Surabaya.

Di tempat ini ternyata tidak hanya menjual aneka olahan bebek tetapi juga menu lain seperti ayam goreng, pecel lele dan tahu tempe penyet. Namun, yang menjadi favorit para wisatawan adalah bebek palupinya. Itu karena rasa bebek palupi sudah tidak dapat diragukan lagi. Kamu harus coba sendiri kelezatannya.

19. Bebek Goreng Sinjay

Bebek Goreng Sinjay
pengusahasukses.com

Makanan khas Surabaya satu ini sebenarnya merupakan makanan yang sebenarnya berasal dari daerah Bangkalan, Madura. Namun, makanan ini tak kalah populer di Kota Surabaya. Bebek goreng sinjay memiliki rasa yang gurih, asam dan pedas sambal mudanya dan memiliki sensasi segar di dalamnya. Itulah mengapa makanan ini menjadi favorit wisatawan.

Tempat terbaik untuk menikmati kuliner ini ada di Jalan Kapas Krampung Nomor 45, Surabaya. Tempat ini menyediakan bebek goreng sanjay yang endes-endes. Selain itu tempat ini juga sudah memiliki cabang di sekitar Kota Surabaya. Jadi, kamu gak perlu khawatir jauh-jauh mendapatkannya.

20. Bebek Tugu Pahlawan

Bebek Tugu Pahlawan
titofebrian.com

Bebek tugu pahlawan sudah terkenal dengan cita rasanya yang nikmat, menjadikan makanan ini sebagai favorit para pelanggannya. Baik dari luar kota maupun dari dalam kota. Makanan khas Surabaya ini merupakan olahan bebek dengan satu porsi nasi hangat dengan tambahan sambal rempahnya.

Bila kamu ingin mencobanya, kamu bisa menemukannya di seberang jalan Tugu Pahlawan muali pukul 06.00 sore. pasti kamu sebagai arek yang ngakunya Surabaya lovers sudah tahu kan bagaimana cita rasa bebek tugu pahlawan ini. Dijamin kamu gak bakal nyesel nyobanya.

Rawon memang sudah menjadi makanan yang sangat terkenal di berbagai daerah. Makanan khas Jawa Timur ini ada dengan berbagai macam olahan. Di Jawa Timur rawon hampir sama dengan soto, namun umumnya rawon dihidangkan dengan kuah bening. Rasanya yang pas dengan semua lidah, membuat makanan ini banyak diburu. Berikut macamnya:

21. Rawon Kalkulator Taman Bungkul

Rawon Kalkulator Taman Bangkul
gogagaforfood.blogspot.com

Ada-ada saja makanan khas Surabaya satu ini, menggunakan istilah calculator sebagai nama makanan. Apa ya benar ada kalkulator di dalamnya? Eh ya tidak gitu juga kali. Entah mengapa dinamakan rawon kalkulator, melampaui itu semua rasa nikmatnya menandingi nama uniknya.

Nasi rawon dihidangkan bersama nasi porsi nasi putih hangat, dua irisan besar daging sapi dam tak lupa tambahan irisan bumbu penyedapnya. Eits jangan ragukan kelezatan rawon kalkulator. Tempat yang menyediakan rawon ini selalu buka pada pukul 08.00 pagi sampai malam.

22. Rawon Setan Khas Surabaya

Rawon Setan Khas Surabaya
reservasiku.com

Kamu penggemar jeroan sapi? Nih rawon Setan khas Surabaya cocok banget buat kamu. Yang menjadi uniknya makanan ini, dinamakan dengan Rawon Setan entah karena apa? Atau adanya rasa pedas di dalamnya. Mungkin juga karena warna kuahnya hitam seperti setan.

Warna hitam ini didapatkan karena adanya campuran bumbu yang menghasilkan warna hitam. Sebagai campuran bumbunya, rawon ini menggunakan luwak dan bumbu khusus. Terdapat pula tambahan irisan daging sapi, jeroan dan kikil di dalamnya membuat cita rasa rawon ini begitu nikmat.

Wisata Kuliner Surabaya Murah dan Oleh-oleh Surabaya yang terkenal

Ada nih kuliner murah buat kamu yang lagi hemat. Apalgi buat anak kosan yang berada di Kota Surabaya. Ada beberapa makanan khas Surabaya murah tapi kelezatannya tidak mengecewakan yang wajib kamu coba. Buat kamu yang bener-bener butuh makanan kuliner murah tapi enak yang ada di Surabaya berikut beberapa ulasannya:

23. Belut Spesial Khas Surabaya

Belut Spesial Khas Surabaya
sudutmakan.wordpress.com

Nah bagi kamu yang suka belut, di Surabaya ada makanan dari olahan belut yang murah dan enak loh. Belut merupakan makanan yang banyak mengandung gizi untuk tubuh. Biasanya di Surabaya belut ini diolah dengan campuran sambal pedas lalu diulek dan dihidangkan bersama nasi hangat.

Kamu harus tahu kandungan gizi di dalam belut, jadi kamu wajib mencobanya. Kandungannya berupa vitamin A, vitamin B, fosfor, protein dan zat besi. Ada tempat terbaik yang menyediakan olahan makanan khas Surabaya ini, berada di Jalan Banyu Urip No. 139, Surabaya. Yuk segera coba kelezatan belut special ini!

24. Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har
arifsetiawan.com

Makanan murah dan enak selanjutnya adalah soto lamongan Cak Har. Selain mengenyangkan tentu saja pas dengan kantong minimalismu. Rasanya gak perlu ditanyakan lagi ya, kamu cukup membuktikannya saja dengan membeli soto lamongan ini, pasti lidahmu bakal ketagihan.

Soto ini memiliki rasa yang lebih gurih dari soto lainnya. Meski murah kuah sotonya begitu kental. Kamu bisa menikmatinya dengan menu lain yang ada di sana seperti ceker ayam, brutu ayam, daging ayam dan jeroan ayam. Tempat soto Lamongan ini berada di Jalan Ir. Soekarno Surabaya.

25. Kepiting Cak Gundul

Kepiting Cak Gundul
openrice.com

Bagi kamu pecinta seafood, ada makanan dengan olahan kepiting yang enak tapi murah loh. Kepiting Cak Gundul banyak diburu para wisatawan luar maupun dalam kota. Itu karena rasanya memang jos gandos tapi dengan harga sesuai kantong.

Makanan khas Surabaya dari olahan kepiting yang sering dicari oleh pelanggan adalah kepiting asam manis dan bumbu kare. Warung kepiting Cak Gundul sudah ada sejak tahun 1992, jadi soal rasa kamu udah gak bisa diragukan lagi ya!

26. Tahu Campur

Tahu Campur
travelingyuk.com

Makanan khas Surabaya merakyat selanjutnya adalah tahu campur. Makanan ini diolah bersama perpaduan daging sapi, perkedel, tahu goreng, singkong dan selaga. Makanan nikmat ini begitu sayang bila dilewatkan. Cobalah tahu campur ini ketika kamu berada di Surabaya.

Tahu campur memang merupakan makanan khas Surabaya. Banyak orang memburunya karena selain enak makanan ini pas dengan ukuran kantongmu yang minimalis. Bila kamu ke Surabaya jangan lewatkan kelezatan tahu campur makanan khas Surabaya ini ya! di jamin kamu bakal ketagihan

Selain makanan diatas masih banyak lagi oleh-oleh terkenal di Surabaya. Kamu wajib tahu, siapa tahu kamu butuh untuk referensi ketika berada di kota industri tersebut.

27. Surabaya Snowcake

Surabaya Snowcake
traveloka.com

Kamu ke Surabaya tapi gak nyoba Surabaya Snowcake, merugilah kamu. Oleh-oleh hits ini ada di Jalan Raya Jemursari nomor 19, Surabaya. Makanan khas Surabaya ini sekarang menjadi favorit teman-teman wisatawan loh.

Selain enak makanan khas Surabaya ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh loh. Buat keluarga, teman atau orang-orang terdekatmu. Dijamin mereka bakal seneng banget menerimanya. Kamu juga gitu, wajib banget nyoba kelezatan Surabaya Snowcake. Yuk segera dicoba!

28. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese
yokijan.wordpress.com

Makanan khas Surabaya hits selanjutanya adalah Almond Crispy Cheese. Terbuat dari campuran tepung terigu, telur, susu bubuk, gula dan tidak ketinggalan kacang almond. Almond disini diletakkan sebagai toping dari Almond Crispy Cheese.

Teksurnya yang renyah dan tipis membuat makanan ini menjadi makanan yang banyak di buru oleh wisatawan loh gaes. Kamu wajib coba deh!

29. Es Krim Zangrandi

Es Kirm Zangrandi
binus.ac.id

Kamu suka yang dingin tapi manis. Nih ada Es Kirm Zangrandi Surabaya Halal yang bisa membuat hari-harimu di Surabaya semakin menyenangkan. Kamu bisa mendapatkannya di tempat olahan Es Krim Zangrandi. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1933 loh.

Penutup

Demikian beberapa ulasan mengenai makanan khas Surabaya. Kamu bisa memasukkannya ke dalam daftar list makanan yang akan kamu cicipi dan mungkin saja kamu jadikan oleh-oleh saat pulang ya. Selamat Berlibur!

Tinggalkan komentar