10 Oleh-oleh Khas Bandung Kekinian, Tahan Lama, & Tempat Membeli

Gepuk Nyonya Ong

Oleh-oleh khas Bandung – Bandung merupakan kota di daerah Jawa Barat. Kota ini merupakan daerah yang memiliki ragam kekayaan alamnya. Tak, jarang banyak wisatawan berkunjung ke Bandung untuk menikmati kekayaan alam tersebut. Itu karena Bandung merupakan wilayah yang dikelilingi oleh pegunungan.

Menurut sejarah, nama Bandung sendiri berasal dari kata bendung atau bendungan. Bendungan itu berasal dari sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang lalu membentuk telaga.

Kekayaan alamnya menjadi salah satu pesona di Bandung. Bahkan, selain ragam wisata alamnya, juga memiliki ragam kuliner yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Bandung. Inilah mengapa Bandung bisa kamu jadikan salah satu sport terbaik untuk liburanmu.

Sempatkanlah waktumu untuk menikmati kekayaan alam Kota Bandung. Selain itu, kamu juga harus nyoba beberapa oleh-oleh di sana. Oleh-oleh khas Bandung bisa kamu berikan kepada keluarga atau orang terkasihmu di rumah.

Daftar oleh-oleh khas Bandung yang wajib kamu bawa pulang

Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Bandung yang wajib kamu coba dan kamu bawa pulang saat berlibur di sana:

1. Pisang Bollen Kartika Sari

Pisang Bollen Kartika Sari
myeatandtravelstory.wordpress.com

Pisang bollen Kartika sari merupakan oleh-oleh khas Bandung yang banyak diburu oleh para wisatawan loh. Itu karena pisang bollen Kartika sari memiliki rasa yang lezat dan membuat orang ketagihan. Pisang bollen kartika sari sama seperti oleh-oleh di Bandung lainnya.

Ternyata pisang bolen Kartika sari sudah populer sejak tahun 1970-an. Gak perlu khawatir deh soal rasa. Kelezatan pisang bollen Kartika sari tiada duanya. karena pisang bolen ini diolah dengan bahan yang berkualitas. Pisang bollen Kartika sari tersedia dalam ragam varian rasa seperti cokelat, keju durian dan lain sebagainya.

Sport terbaik untuk mendapatkan pisang bollen Kartika sari ada di Jalan Haji Akbar No. 04 Kebong Kawung. Di sana kamu bisa menemukan pisang bollen Kartika sari yang dibuat dengan resep asli turun-menurun. Cita rasanya, Pasti bakal membuatmu ingin membelinya.

Jangan khawati tidak menemukannya ya gaes. Pisang bollen Kartika sari, saat ini telah buka cabang di Jakarta, Bandung dan kota lainnya. Namun, lebih nikmat lagi bila kamu membeli langsung dari tempat asal produsennya. Cuss, buruan coba pisang bollen Kartika sarinya!

2. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong
bukalapak.com

Apa sih Gepuk Nyonya Ong? Wah kamu perlu kenalan nih dengan oleh-oleh khas Bandung satu ini. Gepuk Nyonya Ong adalah olahan daging sapi atau lebih populer disebut dengan “Empal.” Biasanya, daging sapi akan ditipiskan dan digeprek dulu sebelum dirangkai menggunakan lidi.

Buat kamu nih yang gak doyan daging sapi, jangan khawatir! Di tempat Gepuk Nyonya Ong gak hanya menyediakan olahan daging sapi tapi juga menyediakan olahan dari daging ayam. Di sana ada berbagai varian rasa seperti beef original, beef exstra pedas, beef salty, beef less sugar, chicken spicy bahkan chicken original.

Gepuk Nyonya Ong lebih nikmat disantap dengan nasi yang hangat. Apalagi sembari menikmati kekayaan alam di Kota Bandung. Dinikmati bersama keluarga, teman atau orang tercinta. Wah bikin ngiler ya! Selain itu, kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh loh.

Gepuk Nyonya Ong ini beralamatkan di Jalan Dr. Djundjungan 155E (pusat), pasirkaliki No. 96, Setiabudhi No. 148 dan Buah batu No. 161 C. selain itu, gepuk nyonya ong juga sudah buka cabang di Jakarta dan Tangerang. Yuk buruan nyoba, dijamin cita rasanya bakal buat kamu ketagihan!

3. Picnic Roll Prima Rasa

Picnic Roll Bandung
travelingyuk.com

Nah, makanan yang satu ini bisa dibilang cukup unik loh gaes. Beneran? Olahan daging satu ini beda dengan olahan daging lainnya. Olahan daging yang sudah diberi bumbu dicincang halus. Uniknya tuh di sini, setelah itu daging dimasukkan kedalam adonan pastri dengan telur rebus. Baru kemudian dipanggang sampai kecoklatan.

Picnic Roll Prima Rasa tersedia dalam dua varian seperti daging sapi dan daging ayam. Enakan yang mana? Dua-duanya sama-sama enak kok. Gak seru nih bila kamu gak buktikan sendiri kelezatan nya. Selain Picnic Roll Prima Rasa, kamu bisa mencoba menu lainnya seperti pudding mouse, mouse cake dan brownis.

Saat ini, tempat produksi Picnic Roll Prima Rasa hanya membuka cabang di kota Bandung. Itu karena untuk menjaga cita rasa dan kualitasnya tidak berubah. Penasaran? Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas Bandung ini di Jalan Kemuning dan di Jalan Pasirkaliki. Jadi, pianic roll dijamin memiliki rasa lezat dan berkualitas.

Buruan coba Picnic Roll Prima Rasa, dijamin kamu gak bakal nyesel deh. Rugi banget kamu ke Bandung tapi gak beli Picnic Roll Prima Rasa. Nikmatilah santapan ini bersama keluarga dan teman-teman terdekatmu. Kamu pun bisa membawanya sebagai oleh-oleh khas Bandung buat mereka!

4. Surabi

Surabi
infobdg.com

Kamu pasti gak asing ya dengan makanan satu ini. Lagi pula siapa sih yang gak kenal sama surabi Bandung? Di Bandung, jajanan surabi begitu populer loh. Meski terbilang makanan kampung, Surabi tetap menjadi primadona yang banyak diburu wisatawan. Ya karena surabi kampung merupakan sajian lezat dan merakyat.

Jajanan tradisional yang gurih dan manis namun tetap berasa renyah dan lembut ketika di kunyah akan memberimu sensasi berbeda. Satu jenis surabi populer itu adalah surabi enhai. Kamu bisa menikmatinya dalam varian rasa dan berbagai toping yang

Surabi memang lebih enak disantap saat hangat dan ditemani dengan secangkir teh. Kamu bisa menikmatinya bersama dengan keluarga atau pun orang-orang terdekat. Pas banget dinikmati di tengah suasana Kota Bandung yang sejuk.

Surabi khas bandung ini bisa kamu temukan di berbagai sudut oleh-oleh khas Bandung. Namun, sport terbaik untuk mendapatkannya ada di Jalan Setiabudi, Kota Bandung. Tunggu apa lagi? Buktikan sendiri kelezatannya. Kurang sempurna bila liburan ke Bandung tanpa mencicipi surabi khas Bandung.

5. Peuyeum

Peuyeum Khas Bandung
wikipedia.org

Peuyeum merupakan oleh-oleh khas Bandung selanjutnya yang wajib kamu coba. Payeum atau tape singkong ini sama dengan tape pada umumnya. Namun, peuyeum memiliki rasa unik khas Bandung. Rasanya manis dan legit berbeda dengan tape di tempat lain

Pembuatan peuyeum sendiri terbilang cukup sederhana. Hanya membutuhkan bahan dasar berupa singkong dan ragi. Cara mengolahnya pertama dengan mengupas singkong, lalu mencuci bersih dan direbus. Stelah singkong matang, di inginkan sejenak lalu taburi ragi secukupnya.

Setelah melalui proses ferementasi, kamu bisa menikmatinya kurang lebih 2-3 hari kemudian. Peuyeum secara langsung atau bisa kamu kombinasi dengan makanan lain. Cara menyantap peuyeum supaya lebih nikmat adalah dengan mencampurkannya dengan es santan.

Bagi kamu yang suka manis, rekomended deh pokoknya untuk nyoba peuyeum atau tape khas Bandung ini. Peuyeum pun juga menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Bandung. Itu karena pueyum makanan yang mampu memberi efek hangat pada tubuh. Pas banget kan dengan cuaca sejuk yang ada di Bandung!

6. Oncom Raos

Oncom Raos
anvilmotion.com

Oleh-oleh khas Bandung selanjutnya merupakan makanan tradisonal terbuat dari bahan dasar kedelai. Namanya oncom raos, terbuat dari kacang kedelai yang melalui proses fermentasi. Di Bandung biasanya oncom digunakan sebagai bahan baku pembuatan masakan lainnya.

Gak perlu khawatir enek ya, karena kamu bisa mengolah oncom raos menjadi oncom goreng. Selain itu kamu juga bisa mengolahnya menjadi keripik oncom dan lain sebagainya. Paling enak itu membuat oncom menjadi sambal oncom, lalu dinikmati dengan nasi hangat dan lalapan.

Udah ngiler kan bayangin aja. Eits jangan hanya di bayangin kamu harus nyoba sendiri kenikmatan oncom raos khas Bandung. Ada salah satu tempat yang menyediakan oncom raos di Jalan Cihampelas No. 91 B. tempat penjual oncom tersebut bisa kamu temukan di dekat pusat perbelanjaan Champelas Walk.

Di sana gak hanya menyediakan oncom raos goring, namun juga berbagai ragam oleh-oleh khas Bandung lainnya. Seperti aneka macam keripik dan manisan. Jadi, bila kamu berlibur ke Bandung sempatkanlah mampir untuk menikmati rasa oncom raos ya! dijamin kamu bakal ketagihan.

7. Angklung

Angklung
thejakartapost.com

Ternyata di Bandung gak hanya ada oleh-oleh makanan loh, tapi juga ada alat musik. Salah satunya adalah angklung. Angklung adalah salah satu alat musik tradisional khas Bandung yang telah diakui dunia. Meski alat musik ini terbuat dari bambu namun mampu menghasilkan melodi yang indah.

Di Bandung memang masih banyak tempat yang memelihara alat musik angklung. Kamu bisa menemukannya di Saung Angklung Udjo, salah satu tempat yang masih mengembangkan kesenian tradisional. Beralamatkan di Jalan Padasuka. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung dari dalam maupun luar loh.

Di tempat Saung Angklung Udjo juga sering diadakan pementasan kesenian tradisional. Jadi, setelah puas menikmati pertunjukan kesenian jangan lupa untuk membelinya juga sebagai oleh-oleh khas bandung. Kamu bisa membawanya untuk keluargamu loh. Apalagi kamu para pecinta dan pegiat kesenian, monggo mampir dan membelinya!

Itulah kota Bandung, salah satu kota di Indoneisa yang masih melestarikan kesenian tradisional nya. Benar-benar gak bakal kecewa memilih Bandung sebagai tempat liburanmu. Selain bisa menikmati kuliner kamu juga bisa belajar mencintai kebudayaan Indonesia, seperti Angklung.

8. Tas dan Sepatu Khas Cibaduyut

Sepatu Khas Cibaduyut
parisvanjava.web.id

Membeli produk dalam negeri memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi di tengah-tengah menjamurnya produk luar negeri di negeri sendiri. Buat kamu yang menyukai produk dalam negeri. Cobalah untuk mengunjungi tempat yang menjual produk dalam negeri di kawasan Cibaduyut.

Saat berjalan-jalan di kawasan tersebut, kamu bakal menemui deretan toko yang menjajakan beragam barang dagangannya. Eits kamu harus pandai menahan diri, karena bakal banyak barang yang mebuat mu tergoda. Mulai dari tas dan sepatu yang di jual di sana.

Produk yang sering kali diburu oleh para wisatawan di sana berupa produk tas dan sepatu kulit. Meski, produk dalam negeri tapi kualitasnya gak kalah loh dengan produk luar. Desain tas dan sepatunya juga modis dan kekinian. Coba deh kalau kamu ke Bandung mampirlah untuk membeli tas dan sepatu di sana.

Selain tas dan sepatu, tempat oleh-oleh khas Bandung di kawasan Cibaduyut juga menyediakan produk dompet, sandal, ikat pinggang dan beragam aksesoris lainnya. Kamu pasti betah lama-lama di Bandung. Apalagi banyak aksesoris modis dan kekinian tersedia di sana. Buruan sisihkan uangmu untuk memborongnya ya!

9. Pakaian ala Factory Outlet Bandung

Pakaian Ala Factory Outlet Bandung
pegipegi.com

Oleh-oleh pakaian ala factory outlet Bandung ini sangat terkenal sekali. Itu karena Bandung memang sudah dikenal dengan factory outlennya. Biasanya wisatawan luar daerah seperti Jakarta dan sekitarnya banyak memborong pakaian di factory outlet. Jadi, kamu gak bakal susah untuk menemukannya!

Kawasan favorit para wisatawan ketika berburu pakaian ala factory outlet adalah Jalan Dago, Jalan Riau dan Jalan Cihampelas. Ketika kamu berada di tengah-tengah kawasan ini, persiapkan dirimu untuk tidak lupa segalanya ya! karena kamu bakal menemukan banyak pakaian ala factory outlet yang super keren.

Semua produk pakaian ini merupakan hasil kreatifitas warga Bandung. Ternyata, gak cuma tas dan sepatu kan tapi juga ada pakaian ala factory yang keren. Namun, penulis sarankan buat kamu untuk nyiapin banyak dana ya! yakin pasti kamu bakal kepincut pakaian yang ada di sini.

Bila kamu ke Bandung, jangan sampai gak mampir untuk membelinya ya! buatlah orang-orang di sekitarmu bahagia melalui oleh-oleh khas Bandung berupa pakaian factory outlet ini. Pakaian ala factory outlet memang keren-keren. Kamu bisa mendapatkannya dalam berbagai gaya! Pastinya kamu juga bakal tambah keren loh!

10. Aneka Kerajinan Tangan Lembang

Kerajinan Tangan Lembang
panduanwisata.id

Hay hay gimana rencana liburanmu? Pasti kamu sudah memikirkan tempat-tempat rekomended untuk liburanmu nanti. Nah, daerah lembang bisa kamu jadikan tempat terbaik untuk menikmati masa-masa liburan. Eh ternyata gak cuma tempatnya yang rekomended ya, tapi oleh-olehnya juga!

Daerah Lembang memang menarik sebagai tempat wisata dan berburu berbagai macam kuliner. Namun, kawasan ini juga memiliki beragam kerajinan tangan yang unik dan cantik untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh khas Bandung. Pastinya mereka yang kamu beri aneka kerajinan tangan khas Lembang akan bahagia banget.

Ada beberapa kerajinan tangan yang gak boleh kamu lewatkan seperti tas anyaman, aneka kerajinan bambu dan keramik. Semua itu bisa kamu dapatkan di berbagai pusat kerajinan tangan di Lembang. Di sana juga ada kerajinan berupa replika ayam, cendrawasih, ular, macan, burung hantu bahkan ada pula perabotan dari tanah.

Oleh sebab itu gaes, bila kamu berkunjung ke Bandung, tapi tidak sempat untuk membeli atau membawa aneka kerajinan tangan ini dipastikan rugi deh. Meski hanya kerajinan tangan tapi kerajinan ini banyak diburu oleh wisatawan. Menandakan bahwa kerajinan lokal mampu bersaing dengan non lokal.

Penutup

Bandung memang menjadi tempat favorit untuk para wisatawan. Selain keragaman alamnya, juga menyuguhkan berbagai macam oleh-oleh khas Bandung seperti makanan, pakaian, alat musik bahkan kerajinan tangan. Begitulah gaes selain jalan-jalan menikmati liburan, mbokya luangkan waktumu untuk menikmati keberagaman oleh-olehnya juga.

Kamu tuh bisa membawa atau memberikannya kepada keluarga, teman dan orang tercinta. Bagaimanapun liburanmu akan kurang lengkap bila kamu gak membawa atau membeli oleh-oleh khas Bandung. Selain kamu bahagia, orang-orang di sekitarmu pun juga bakal bahagia. Siapa sih yang mau membahagiakan orang-orang terdekat.

Nah, dengan oleh-oleh khas Bandung ini kamu bisa melakukannya. Kapan lagi kamu bisa membawanya? Kalau gak dari sekarang. Oleh-oleh khas Bandung menjadi salah satu bukti kekayaan Kota Bandung. Eits jangan lupa bawa bekal keuangan yang banyak ya!

Semoga ulasan di atas dapat membantumu dalam memilih oleh-oleh di Bandung. Sebenarnya gak hanya itu oleh-oleh yang ada di Bandung. Ini hanya sekedar gambaran umum supaya kamu bisa mengenal Bandung dari kekayaan oleh-olehnya. Monggo gaes segera dilist daftar belanjaan kamu! Oke.

Apa komentar kamu?